Dark/Light Mode

Zanetti Ikut Bantu

Hadirkan Argentina Di FIFA Matchday, Erick Ingin Garuda Terbang Tinggi

Rabu, 24 Mei 2023 15:41 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainuddin Amali (kiri) dalam konferensi pers di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta, Rabu (24/5). (Foto: dok. PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kiri) dan Wakil Ketua Umum PSSI Zainuddin Amali (kiri) dalam konferensi pers di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta, Rabu (24/5). (Foto: dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan, uji coba melawan Argentina akan menjadi pertandingan bersejarah bagi Indonesia. Karena ini adalah pengalaman pertama timnas, menghadapi negara berperingkat 1 FIFA.

Erick berharap, semua pemain, termasuk pelatih harus memanfaatkan momen langka ini untuk meningkatkan skill, mental, dan strategi bertanding melawan tim dengan nama besar.

"Tujuan utama dari FIFA Matchday, tak lain mengasah mental, skill, dan mendapat pengalaman bertanding melawan tim-tim dari luar Asia Tenggara dan Asia. Garuda harus terbang lebih tinggi," kata Erick dalam jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Rabu (25/5).

Baca juga : Pengamat: Rencana Besar Erick Thohir Bawa Semangat Luar Biasa Bagi Timnas

Di SEA Games kemarin, Erick menyaksikan sendiri, betapa pentingnya kekuatan mental pemain dalam menghadapi tekanan.

"Argentina saya yakini, dengan status juara dunia dan peringkat 1 FIFA akan memberi tekanan, baik mental, teknik, atau strategi bagi timnas Indonesia. Tinggal bagaimana kita mengatasinya," imbuhnya.

Ketemu Palestina Dulu

Dalam agenda FIFA Matchday yang akan dijalani Timnas Senior pada Juni mendatang, sebelum bertemu Argentina, Timnas Garuda akan ditantang Palestina.

Baca juga : Kasus Harian Meningkat Lagi, Ini Catatan Prof. Tjandra Tentang Pola Varian Covid

La Albiceleste, julukan Argentina, saat ini menjadi negara berperingkat rangking FIFA paling tinggi, yang siap beruji coba dengan timnas Merah Putih.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjalani uji coba melawan Uruguay, yang kini menempati peringkat 16 FIFA pada tahun 2011, Belanda (16 FIFA) pada tahun 2013, dan Kamerun (42 FIFA) pada 2015.

"Ini menjadi sejarah, karena baru pertama kalinya Indonesia beruji coba dengan peringkat pertama sepak bola dunia. Apalagi, fansnya Argentina, Messi, atau Lautaro Martinez yang kini bermain di Inter, banyak di Indonesia. Jadi, saya yakin, penonton akan banyak hadir di stadion. Tak hanya untuk melihat para bintang Argentina, tetapi juga rindu nonton timnas main di kandang," ujarnya.

Dibantu Zanetti

Baca juga : Menkeu Buka Pendaftaran Anggota DK OJK, Ini Syaratnya

Erick menjelaskan, kedatangan Argentina ke Indonesia tak lepas dari jaringan sepakbola internasional miliknya.

Dia bilang, ini bukan semata soal berapa biaya mendatangkan. Tetapi lebih karena kepercayaan Argentina. Mereka ingin membangun sepak bola Indonesia, yang punya banyak penggemar.

"Kalau mau sedikit buka kartu, saya dibantu Javier Zanneti, eks kapten Inter, asal Argentina yang memungkinkan mereka mau bertanding di Stadion Utama GBK nanti," beber Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.