Dark/Light Mode

Digelar Hari Ini

Formula E Tak Seheboh Tahun Lalu

Sabtu, 3 Juni 2023 08:58 WIB
Persiapan pelaksanaan balapan Formula E Jakarta 2023. (Foto: Dok. IMI)
Persiapan pelaksanaan balapan Formula E Jakarta 2023. (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Balap mobil Formula E 2023 akan kembali digelar di Jakarta hari ini dan besok. Persiapan dan pelaksanaan balapan mobil listrik tahun ini terasa lebih smooth. Tak ada pro kontra berarti. Formula E Jakarta 2023 tidak seheboh tahun lalu.

Tahun lalu, Formula menjadi isu panas. Saat itu, berita Formula E tak hanya di arena balap tapi juga bikin geger panggung politik. Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta saat itu, mendapat banyak kritikan dari lawan politiknya. Bahkan Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI Jakarta menggulirkan hak interpelasi. Ketua Umum PSI Giring Ganesha bahkan bikin vlog di Ancol sampai kakinya kejeblos lumpur.

Untungnya, meski diragukan dan diperkarakan, acara Formula E 2022 berlangsung lancar dan sukses. Presiden Jokowi ikut hadir dan menonton. Sejumlah pejabat seperti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah ketua umum partai politik ikut datang menyaksikan acara. 

Kini, Formula E Jakarta masuk tahun kedua, Pelaksanaan ajang balap yang digagas Anies tersebut kini berjalan lebih mulus. Pelaksanaan balapan yang digelar di AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, banyak yang mendukung. Tidak banyak pro kontra seperti tahun lalu.

Baca juga : Ada Balapan Formula E, Dishub Bakal Rekayasa Lalin Sekitar Ancol

PT Jakarta Propertindo atau Jakpro selaku penyelenggara menyatakan sudah siap menggelar balapan mobil listrik itu. Bahkan, rangkaian acara Formula E sudah dimulai sejak beberapa hari lalu.

Project Director Jakarta E-Prix 2023 Ivan Cahya Permana mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan hajatan tahunan ini. Seperti melakukan rekayasa lalu lintas dan penempatan parkir para penonton. 
Ivan mengharapkan doa dari masyarakat agar pelaksanaan Formula E 2023 bisa berjalan dengan lancar. 

Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin menyebutkan, sebanyak 40 ribu tiket sudah ludes terjual. Ludesnya tiket Formula E menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk menonton ajang balapan tersebut. Ia menyatakan, keberhasilan penjualan ini juga tidak lepas dari kerja keras panitia.

“Hasilnya Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar satu seri balapan Formula E oleh Formula E Operation (FEO),” ujar Iwan, dalam keterangan tertulis, kemarin. Iwan menyebut kepercayaan ini merupakan hasil dari keberhasilan penyelenggaraan Formula E di Jakarta pada 2022.

Baca juga : DHL Dukung Formula E Sebagai Mitra Logistik

Untuk menyukseskan acara ini, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak seluruh masyarakat menyaksikan Formula E 2023. Dia mengatakan, Pemprov DKI siap mendukung kelancaran perhelatan internasional ini. Sebab, Formula E menjadi salah satu daya tarik wisata yang ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

“Sesuai namanya, acara ini digelar untuk menyongsong Jakarta E-Prix 2023 yang akan berlangsung pada 3-4 Juni,” tulisnya dalam unggahan akun Instagram @herubudihartono, kemarin.

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak, yang sebelumnya keras mengkritik ajang balapan tersebut, kini ogah terlalu banyak berkomentar. "Saya sedikit menahan diri. Daripada jadi masalah. Saya berharap itu dilakukan dengan baik dan (semoga) menguntungkan," ucap Gilbert, kemarin.

Lalu bagaimana dengan Anies? Apakah bakal capres dari Partai NasDem itu bakal nonton Formula E?

Baca juga : Beli Tiket Formula E Bisa Di Bank Mandiri, Begini Caranya

"Nonton nggak ya? Baiknya gimana? Lihat besok deh," ungkap Anies, saat ditanya wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, kemarin.

Di jagat Twitter, ajang balap ini mendapat komentar beragam. Akun @julianshb07 memberikan acungan jempol kepada para pejabat yang kompak menyukseskan acara tersebut. "Sebaiknya para pemimpin itu harus selalu dukung mendukung," tulisnya.

Akun @maudyasmara berdoa balapan berjalan sukses. Menurut dia, ini adalah balapan spesial tidak semua negara bisa menyelenggarakan acara ini. Indonesia akan menggelar double-header alias dua seri balapan di satu tempat, yakni seri ke-10 dan 11. Ia pun mengajak follower-nya menonton acara tersebut.

Sementara, akum @jaminpyd heran, gelaran ini tak seheboh tahun lalu. "Kok nggak heboh dan ribut ya sekarang," ujarnya. Akun @kutulaut menyebut Formula E kini sudah jadi balapan spesial. Sudah didukung semua pihak.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.