Dark/Light Mode

UEFA Nations League

Belanda Vs Kroasia, De Oranje Ngebet Ukir Sejarah

Rabu, 14 Juni 2023 06:06 WIB
Striker Memphis Depay. (Foto : ist)
Striker Memphis Depay. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Semifinal UEFA Nations League atau Kualifikasi Piala Dunia 2022/2023 antara Belanda dan Kroasia akan digelar di De Kuip, Rotterdam, Belanda, Kamis (15/6) dini hari nanti.

De Oranje - julukan Belanda merupakan juara Grup A4 dan tidak terkalahkan.

Belanda bersama Belgia, Polandia dan Wales memiliki catatan manis yakni menang lima kali, seri sekali, mencetak total 14 gol dan cuma kebobolan enam dalam enam pertandingan.

Penyerang Belanda, Memphis Depay, menjadi pencetak gol terbanyak di League A musim ini. Dia mencetak tiga gol, seimbang dengan Michy Batshuayi dari Belgia.

Baca juga : Selangkah Lagi, DDS Ukir Sejarah Bareng Persib

Sementara itu, Kroasia melaju ke putaran final usai menjadi juara Grup A1. Kroasia memenangi persaingan melawan Denmark, Prancis, dan Austria. Kroasia menang empat kali, seri sekali, dan kalah sekali di grupnya.

Satu-satunya kekalahan mereka adalah 0-3 saat menjamu Austria pada laga pertama. Top skor Kroasia di League A adalah sang kapten Luka Modric. Gelandang Real Madrid itu mencetak dua gol.

Dia mencetak penalti penentu kemenangan 1-0 atas tuan rumah Prancis di laga keempat, serta menyumbang satu gol ketika menang 3-1 di kandang Austria pada laga keenam. Belanda dan Kroasia lolos ke semifinal.

Pemenangnya akan menghadapi salah satu dari Spanyol atau Italia di final. Semifinal UEFA Nations League 2022/2023 akan digelar tengah pekan ini di Amsterdam, Belanda.

Baca juga : The Blues Ngebet Selamatkan Muka

Pertandingan kedua antara Spanyol vs Italia akan berlangsung di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Kamis (15/6/2023) malam atau Jumat (16/6/2023) dinihari pukul 01.45 WIB.

Empat kontestan semifinal UEFA Nations League 2022/2023 ini, hanya Italia yang meraih gelar juara dalam 10 tahun terakhir. Timnas Italia meraih gelar juara Piala Eropa 2020 yang digelar tahun 2021.

Pelatih Belanda Ronald Koeman optimistis bisa meraih juara UEFA Nations League musim 2022/2023 ini. “Kita bisa menulis sejarah,” kata pelatih Ronald Koeman.

“Mereka masih berbicara tentang 1988, ketika ada delapan tim (dalam turnamen). Itu sudah menjelaskan semuanya,” lanjutnya.

Baca juga : Inter Milan Vs Porto, Reuni Inzaghi

Ronald Koeman juga memimpin saat Belanda menjadi runner-up melawan Portugal di final UEFA Nations League 2019. “Para pemain mendorong diri mereka sendiri dan tampil lebih baik sebagai sebuah tim,” sebut Ronald Koeman kepada UEFA seperti dikutip dari france24. com.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.