Dark/Light Mode

Lepas Kontingen Atletik DKI, Hidayat Tekankan Sportivitas

Minggu, 18 Juni 2023 13:19 WIB
Kontingen atletik DKI diberangkatkan untuk mengikuti Kejuaraan Nasional pada tanggal 20-26 Juni 2023 Stadion Atletik Sriwedari Surakarta Jawa Tengah, di Jakarta, Minggu (18/6).
Kontingen atletik DKI diberangkatkan untuk mengikuti Kejuaraan Nasional pada tanggal 20-26 Juni 2023 Stadion Atletik Sriwedari Surakarta Jawa Tengah, di Jakarta, Minggu (18/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 146 kontingen Atletik DKI diberangkatkan untuk bertanding di Kejuaraan Nasional (Kejurnas)  pada tanggal 20-26 Juni 2023 yang berlangsung di Stadion Atletik Sriwedari Surakarta Jawa Tengah.

Kejurnas ini merupakan rangkaian Babak Kualifikasi menuju PON XXI/2024 di Provinsi Aceh-Sumatera Utara. 

Kejurnas kali ini, atletik memperlombakan 3 kategori usia antara lain U18, U20, dan Senior. 

Dalam laporannya, Sekretaris Umum Pengprov PASI DKI Jakarta, Andri Paranoan menyampaikan, bahwa kontingen DKI yan akan bertanding sebanyak 146 personil,  terdiri dari 29 atlet U18, 21 atlet U20, serta 46 atlet senior.

Baca juga : NETV Kembangkan Konten Kreatif Untuk Media Televisi dan Platform Digital

Para atlet akan didampingi oleh 42 pelatih dan 9 official pendukung untuk bersaing dengan seluruh provinsi untuk mendapatkan tempat di PON XXI/2024 nanti. 

“Atlet-atlet yang tergabung dalam kontingen DKI Jakarta berasal dari beberapa pembinaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta antara lain Pelatda lapis 1 dan lapis 2, PPLM, PPOP, serta perwakilan Klub yang berada dalam naungan Pengprov PASI DKI Jakarta,” ujar Bang AP yang akrab disapa ini. 

Senada Mustara, Ketua Umum Pengprov PASI DKI Jakarta, kontingen atletik saat ini menjadi kontingen terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan DKI Jakarta pada Kejuarnas. 

“Hal ini membuktikan bahwa pembinaan yang selama ini dilakukan secara berjenjang, berkelanjutan dan disertakan dengan kompetisi yang berjala baik, menghasilkan lapisan-lapisan atlet akan membawa nama DKI berjaya di tingkat nasional dan sebagai kontribusi atlet ke tingkat nasional,” katanya. 

Baca juga : Jaring Atlet Pra PON, PSAWI DKI Siapkan 15 Nomor Di Danau Toba

Selain itu, Pengprov PASI DKI juga menyoroti kondisi lintasan atletik di stadion Rawamangun saat ini sudah tidak layak di jadikan tempat untuk berlatih. Pengprov PASI DKI telah mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, untuk memperbaiki kondisi stadion atletik Rawamangun, menjadi double track dan berstandar arena perlombaan.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Hidayat Humaid menyampaikan, bahwa Atletik menjadi cabang olahraga yang memiliki nomor perlombaan yang banyak. “Jumlah yang ditandingkan berbanding lurus dengan jumlah atlet yang akan turun pada Kejurnas tahun 2023,” kata Hidayat saat melepas atlet atletik DKI di Jakarta, Minggu (18/6). 

Hidayat mengatakan, DKI sebagai barometer olahraga Indonesia, atlet-atlet harus asyik saat bertanding serta asik juga untuk kontingen lainnya, berkompetisi dengan baik dengan tetap menjujung tinggi sportivitas.

Dalam kesempatan ini, Hidayat juga menyampaikan, kebijakan KONI DKI dalam memberangkatkan atlet ke PON 2024. Meskipun sudah lolos limit PON bukan berarti atlet langsung bisa mengikuti PON, 

Baca juga : DKI Akhirnya Cairkan Bansos KJP Dan KJMU

“Mereka harus masuk dalam peringkat 4 nasional. Rangking ini jangan menjadi beban para atlet dan pelatih, namun harus jadi motivasi untuk dapat meningkatkan prestasi,” katanya. 

Dalam Kejurnas kali ini, Kontingen DKI Jakarta dipimpin langsung oleh manager tim RR Eka Widiastuti. Kontingen akan mulai diberangkatkan pada 18 Juni 2023.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.