Dark/Light Mode

Liga Arab Jadi Destinasi Baru Pemain Dunia

Roberto Firmino Diincar Al-Ahli

Selasa, 27 Juni 2023 07:00 WIB
Roberto Firmino. (Foto: Reuters)
Roberto Firmino. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Liga Arab Saudi tengah menjadi destinasi baru bagi para pesepak bola dunia. Terbukti, sejumlah klub rela mengucurkan dana besar untuk mendatangkan sang bintang, seperti Cristiano Ronaldo (Al Nassr), Karim Benzema (Al-Ittihad) dan Ruben Neves (Al Hilal).

Kini, kabarnya klub Liga Arab, Al-Ahli, sedang melakukan pembicaraan untuk mendatang­kan mantan pemain Liverpool asal Brazil, Roberto Firmino. Firmino saat ini masih berstatus tanpa klub sejak meninggalkan Anfield, karena kontraknya ha­bis di akhir musim lalu.

“Proses negosiasi masih ber­jalan, dan sekarang tinggal menunggu keputusan dari sang pemain,” kata pakar transfer asal Italia, Romano di akun resmi Twitte-nya, kemarin.

Al-Ahli disebut-sebut sudah mempersiapkan pemeriksaan me­dis andai proses transfer Firmino rampung akhir pekan ini. Arab Saudi sejak tahun lalu mulai mem­boyong para pemain liga Eropa, seperti Cristiano Ronaldo, N’Golo Kante, Ruben Neves, Hakim Ziyech, Edouard Mendy, Karim Benzema, dan yang terbaru bek Chelsea Kalidou Kolibaly.

Baca juga : Pemerintah Sulap Ubud Jadi Destinasi Gastronomi Kelas Dunia

Namun, masih belum dike­tahui apakah Firmino akan menerima pinangan Al-Ahli atau memilih kembali bermain sepak bola di Brazil.

Firmino memulai karier sepak bola profesionalnya di kub Brazil Figueirense dari 2009 sampai 2010. Dia pindah ke Eropa dan bermain untuk klub asal Jerman 1899 Hoffenheim selama lima musim sampai 2014/15.

Firmino kemudian diboyong Liverpool pada musim 2015/16 dan bermain hingga delapan musim. Dia total telah mencetak 362 dan 111 gol di semua kom­petisi untuk Liverpool.

Dia mampu mempersembah­kan sejumlah trofi bagi Liverpool yaitu trofi Liga Premier Inggris, FA Cup, EFL Cup, FA Community Shield, Liga Champions, Super Cup dan FIFA Club World Club.

Baca juga : Arema FC Percaya Kualitas Pemain Muda Timnas

Selain itu, Firmino juga berha­sil membantu Timnas Brazil me­menangkan Piala Copa America pada 2019. Dia total telah tampil 55 kali dan mencetak 17.

Sementara, Al Hilal baru saja merampungkan kontrak dengan Kalidou Koulibaly selama tiga tahun yang dibeli dari Chelsea.

Melalui media sosial Instagram resmi klub, Koulibaly diumumkan sebagai pemain baru melalui video yang berisi beberapa aksi sang pemain, dan juga saat men­genakan seragam biru ciri khas klub yang bermarkas di Stadion Prince Faisal Bin Fahd tersebut.

“Kami akan terus membuat se­jarah bersama,” tulis pengumuman resmi klub, Senin WIB.

Baca juga : Pengamat Hingga Mantan Pemain Dukung Aturan Liga 1 Suporter Tamu Dilarang Hadir

Resmi pindah ke klub Arab Saudi membuat Koulibaly hanya berkarier selama satu musim bersama The Blues, sejak dida­tangkan dari SSC Napoli pada musim 2022/2023 dengan biaya 38 juta euro.

Bek kelahiran 20 Juni 1991 tersebut tampil 32 kali di semua ajang dengan dua gol dan satu assists selama memperkuat klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.