Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Ini Strategi Yaya Tukangi Persib Hadapi PSM Makassar

Jumat, 21 Juli 2023 09:04 WIB
Para pemain Persib Bandung. (Foto : Persib)
Para pemain Persib Bandung. (Foto : Persib)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih sementara Persib Bandung Yaya Sunarya memastikan tidak akan membuat perubahan formasi dan strategi saat melawan PSM Makassar dalam pertandingan pekan keempat Liga 1 2023-2024 di Stadion BJ Habibie, Parepare Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7/2023).

“Sebagai pelatih tentunya kami punya skema tersendiri. Meski bukan saya atau Coach Milla saat pertama kali di sini, dia tidak akan melakukan perubahan terlalu banyak apalagi ini pertandingan pertama (pasca mundurnya pelatih),” kata Yaya.

Menghadapi juara Liga 1 musim 202/2023, Yaya menerapkan strategi tiga bek yang telah dimatangkan tim selama masa pramusim. Yaya akan melakukan penyesuaian sembari memantau jalannya pertandingan.

Ia akan menganalisa situasi apa yang terjadi di lapangan, dan bagaimana ia harus meresponnya. Jika diperlukan perubahan formasi bisa saja terjadi di tengah pertandingan.

Baca juga : Malam Ini Persik Vs Dewa United, Macan Putih Lapar Poin

“Sambil melihat bagaimana situasi menit ke menit berjalan (nanti di pertandingan) dan potensi untuk mengganti pemain dengan mengubah formasi bisa saja terjadi,” terangnya.

Yaya juga mencoba menurunkan intensitas latihan pada sesi latihan Kamis (20/7/2023) mengingat tim sudah bekerja keras selama dua sesi latihan sebelumnya. Skuad Maung Bandung dijadwalkan akan bertolak ke Makassar dengan memboyong 22 pemain pada Jumat (21/7/2023).

“Kalau misal latihan sekarang lebih rilex karena dua hari kemarin kami buat intensitas lebih tinggi, kemudian kami ada official training Jumat malam. Jadi masih ada satu kali latihan di Makassar (Parepare) kami buat sedikit turun tapi masih tetap dalam batasan yang kami buat sesuai dengan ritme atau tempo di latihan untuk persiapan di hari Sabtu,” bebernya.

Bek tengah Nick Kuipers menyatakan siap, baik fisik maupun mental, untuk menghadapi PSM Makassar.

Baca juga : Ini Pemain Asal Gabon Yang Direkrut Persib

Kuipers bersama para pemain Persib lainnya telah berlatih intensif agar bisa bermain maksimal di pertandingan pekan keempat Liga 1 2023/2024 ini.

"Saya dalam kondisi baik setelah berlatih sepakan ini. Kami terbiasa melakoni perjalanan untuk pertandingan di Indonesia. Jadi, ini (perjalanan jauh) tidak menjadi masalah," kata bek bernomor punggung 2 itu di Stadion Persib, Kota Bandung, Kamis, 20 Juli 2023. 

"Kami adalah tim yang kuat dan telah berlatih bersama-sama. Kami siap untuk berjuang meraih tiga poin," tambahnya.

Kuipers menyebut, Persib merupakan tim yang solid dan menyakini akan melewati tantangan dalam mengarungi Liga 1 musim ini. 

Baca juga : BNPT Ajak FKAAI Dan Yayasan Permadani Dukung Upaya Deradikalisasi

"Banyak hal telah terjadi. Tapi itu semua membuat kami semakin kuat. Kami berusaha memecahkan masalah sebagai satu tim dengan berbincang satu sama lain, mungkin lebih baik dari sebelumnya. Saya senang melihat bagaimana kami bereaksi menanggapi situasi saat ini," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.