Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Stadion Arena GBK Rampung

Menteri Basuki Ingin Atlet Indonesia Go Internasional.

Senin, 7 Agustus 2023 23:16 WIB
Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno GBK senayan diresmikan oleh Presiden Jokowi
Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno GBK senayan diresmikan oleh Presiden Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Stadion Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) senayan  diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Pembangunan Arena GBK dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang akan digelar pada 25 Agustus - 10 September 2023 mendatang.  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah bersama dengan Jepang dan Filipina.

Baca juga : Jadi Best Savings Bank Indonesia 2023 Di Inggris, BTN Raih Penghargaan Internasional

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerangkan, pembangunan infrastruktur olahraga berperan vital sebagai bagian dari dukungan Pemerintah untuk pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional. 

"Pada SEA Games 2023 lalu, basket sudah meraih emas. Kita pun etelah memiliki stadion ini, maka prestasi harus lebih ditingkatkan lagi. Jadi harus prestasi," ujari Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin (7/8).

Baca juga : Gapasdap: Keselamatan Angkutan Ferry Di Indonesia Berstandar Internasional

Pembangunan stadion ini memiliki konsep multifungsi, karena bisa untuk konser dan olahraga. Teknologinya teleskopik tribun, lokasinya di tengah kota, kompleks GBK yang merupakan favorit warga Jakarta dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas. 

“Pengelolaannya akan diserahterimakan ke PPK GBK Sekretariat Negara. Tetapi untuk 6 bulan ke depan masih kita lakukan  pemeliharaan terhadap bangunan gedung ini," katanya.

Baca juga : Temui Kadin China, Presiden Jokowi Tampung Uneg-uneg Investasi Di Indonesia

Ia menuturkan, Stadion Arena di Blok 10 Kawasan GBK Senayan di Jakarta ini memiliki lahan seluas 31.826 m2. Lahan ini milik Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) di bawah pengelolaan PPKGBK. Bangunannya seluas 50.398 m2 dan mampu menampung 16.000 orang penonton. 

Pembangunan Indonesia Arena dilaksanakan oleh PT Adhi Karya - PT Nindya Karya - PT Penta (KSO) dengan anggaran yang bersumber dari APBN melalui skema Kontrak Tahun Jamak atau Multi Years Contract (MYC) 2021 - 2023 senilai Rp 640,4 miliar.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.