Dark/Light Mode

BPK Penabur Gelar Festival Catur Pelajar Nasional

Sabtu, 19 Agustus 2023 12:55 WIB
Ilustrasi turnamen catur usia dini tingkat nasional. (Foto : Ist)
Ilustrasi turnamen catur usia dini tingkat nasional. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencari pecatur-pecatur muda berbakat, BPK Penabur akan menggelar Festival Catur Pelajar Nasional BPK Penabur (FCPN) 2023.

Pecinta catur seluruh Indonesia bisa mengikuti festival yang pendaftarannya telah dibuka sejak 1 Agustus dan akan berakhir pada 2 September 2023.

Untuk memastikan kelancaran acara ini, FCPN BPK Penabur bekerja sama dengan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). 

Baca juga : Dongkrak Elektabilitas Ganjar, Relawan Gelar Festival Musik Di Bogor

Kepala Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Lisa Karlina Lumongdong, mengatakan pihaknya akan koordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan FCPN.

"Setelah sosialisasi ini, kita akan menyelenggarakan coaching clinic untuk membekali anak-anak sebelum turnamen," ujar Lisa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/8).

Dia juga berharap akan ada talkshow dengan nara sumber ahli terkait catur. "Tujuan kita bukan hanya mempromosikan catur, tapi juga mengembangkan intelektual dan karakter anak-anak melalui catur," lanjutnya.

Baca juga : Wariskan Semangat Kebudayaan, Pena Mas Ganjar Gelar Pentas Seni Pelajar Di Pati

Direktur Pelaksana Operasional Yayasan BPK Penabur, Jap Tjui Tjiu, menyampaikan selain mencari pecatur-pecatur berbakat, FCPN bisa menjadi kesempatan mengenalkan BPK Penabur ke publik.

"Event ini bukan sekadar lomba. Kita juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana mengenalkan BPK Penabur sebagai Lembaga Pendidikan yang konsen dengan perkembangan peserta didik baik secara akademik maupun non akademik," ujar  Tjutju.

Ketua Umum Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi, mengatakan Festival Catur Pelajar Nasional 2023 kali ini memiliki nuansa berbeda.

Baca juga : Berdayakan Masyarakat Padang, Sahabat Ganjar Gelar Seminar Sejarah Rendang

"Kali ini, kita akan melibatkan empat kota: Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta  dengan enam venue: Kompleks Perintis Bandar Lampung, SMAK 1  dan Kompleks Holis Bandung, Kompleks Cipto Cirebon, SMAK 1 dan SMAK Harapan Indah Jakarta. Ini bukanlah tugas yang mudah," lanjutnya.

Festival Catur ini diharapkan bisa memacu semangat para pelajar menembus tingkat nasional dan bertemu dengan pemain-pemain top nasional. "Kita semua harus bekerja sama dengan baik, berkoordinasi, berkonsolidasi, dan berkolaborasi untuk kesuksesan FCPN 2023," kata Adri.

Pendaftaran, TOR dan rangkaian acara dilihat di Instagram official @bpkpenaburofficial (https://www.instagram.com/p/Cvb0sLqpDdk/?igshid=MzRlODBiNWFlZA== ) atau di www.BPKPENABUR.or.id (https://bpkpenabur.or.id/events/festival-catur-2023
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.