Dark/Light Mode

Piala AFF 2023

Timnas Vs Timor Leste, Wajib Menang Meski Belum Tentu Lolos

Minggu, 20 Agustus 2023 05:46 WIB
Pelatih Shin Tae yong bersama para pemain timnas U-23 di pentas Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)
Pelatih Shin Tae yong bersama para pemain timnas U-23 di pentas Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Minggu (20/8) timnas Garuda Muda kudu meraih kemenangan melawan Timor Leste pada Piala AFF U-23 grup B di Rayong Provincial Stadium, Thailand.

Menang agar bisa lolos ke babak semifinal Piala U-23 2023 atau langsung pulang kampung.

"Memang pertama yang harus kami prioritaskan adalah hasil menghadapi Timor Leste. Kami harus bekerja maksimal biar kami bisa membawa hasil yang maksimal," kata Shin Tae-yong.

Namun STY, juga harus pasrah menghadapi fakta aturan main. Sebab meski menang, tidak serta merta lolos ke semifinal karena harus melihat hasil tim lain.

Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023 memang masih terbuka asal bisa menang dengan produktivitas gol melawan Timor Leste. 

Baca juga : Malam Ini, Timnas Siap Ganyang Malaysia

Sebagai gambaran, Kamboja menang telak 5-0 atas Laos dan Thailand menang telak 3-0 atas Myanmar di Grup A Piala AFF U-23 2023.

Ada tiga grup di Piala AFF U-23 2023. Masing-masing juara grup akan lolos otomatis ke babak semifinal, dengan satu tim lainnya akan lolos melalui klasemen runner-up terbaik.

Indonesia saat ini berada di dasar klasemen runner-up terbaik. Dengan Thailand berada di puncak dengan tiga poin, disusul Laos ada di posisi kedua dengan satu poin.

"Setelah itu memang kami harus melihat pertandingan-pertandingan grup lain. Jadi kita memang ya walaupun kami bekerja maksimal, kami tidak bisa menentukan kami masuk babak semifinal atau tidak. Jadi kami harus menunggu hasil pertandingan grup lain juga," tambahnya.

Terkait update pemain yang mengalami cedera saat pertandingan melawan Malaysia, Shin Tae-yong menyatakan, Muhammad Ramadhan Sananta dan Mohammad Kanu tidak mengalami masalah.

Baca juga : Jelang Lawan Malaysia, STY Genjot Game Internal

"Setelah dicek untuk cedera Sananta dan Kanu tidak ada yang serius. Mereka bisa dimainkan untuk laga selanjutnya. Namun untuk Irfan Jauhari masih harus diobservasi, setidaknya perlu beristirahat dahulu," jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara kapten Timnas Indonesia U-23 Bagas Kaffa berjanji akan membalas kekalahan 2-1 dari Malaysia pada laga pembuka Grup B.

“Terima kasih kepada semua rekan, tim atas kerja keras. Kekalahan dari Malaysia bukan hasil yang diinginkan. Kami harus bangkit dan fokus memenangkan laga berikutnya,” kata Bagas Kaffa.

Untuk Piala AFF U-23 2023, hanya tiga juara grup dan runner-up terbaik yang berhak lolos ke semifinal. Saat ini, Indonesia menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup B tanpa mengemas poin.

Diketahui, saat melawan Malaysia di Rayong Province Stadium, Rayong, Timnas Indonesia U-23 sebenarnya unggul lebih dulu melalui gol Ramadhan Sananta pada menit ke-29. Tapi, Malaysia berhasil bangkit dan mencetak dua gol ke gawang Timnas Indonesia U-23 pada babak kedua melalui Fergus Tierney (54’-penalti, dan 63’).

Baca juga : Malaysia Vs Timnas, Harimau Malaya Waspada Kekuatan Garuda Muda

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-23 menempati peringkat kedua dengan nol poin. Adapun Malaysia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup B Piala AFF U-23 2023 dengan tiga poin.

Bagas tak memungkiri, kekuatan Malaysia masih sangat sulit disaingi Timnas Indonesia U-23. Tapi, timnya tak punya banyak waktu untuk meratapi kekalahan dan fokus ke laga selanjutnya melawan Timor Leste.

“Memang itu pertandingan sangat sulit. Kami sudah bermain bagus, tetapi kebobolan dua gol. Tapi, itulah sepak bola. Kami harus fokus dan lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya,” tegasnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.