Dark/Light Mode

Semifinal Piala AFF 2023

Thailand Vs Indonesia, Misi Balas Dendam SEA Games Kamboja

Rabu, 23 Agustus 2023 16:16 WIB
Duel timnas U-22 Indonesia vs Thailand di final SEA Games Kamboja 2023. (Foto : Ist)
Duel timnas U-22 Indonesia vs Thailand di final SEA Games Kamboja 2023. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Misi balas dendam diusung Timnas U-23 Thailand saat melawan timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF U-23, Kamis (24/8).

Pasalnya, tim Gajah Perang Muda pernah dibikin gigit jari gagal bawa pulang medali emas oleh timnas Indonesia di ajang SEA Games Kamboja 2023.

Dengan materi pemain lebih baik, Thailand diyakini bakal tampil ngotot melawan Beckham Putra Cs nantinya.

"Materi Thailand lebih komplet dibanding Indonesia. Nuansa balas dendam atas kekalahan di SEA Games lalu bakal terekam pastinya," kata pengamat sepak bola Kesit B Handoyo dilansir Antara, Rabu (23/4).

Thailand memang akan turun dengan materi terbaiknya, sebaliknya Indonesia tak bisa menurunkan tim terbaik karena beberapa tim di Liga 1 menolak mengirim pemain mereka ke timnas.

Baca juga : Tim Voli Indonesia Ketemu Korsel Di Babak 12 Besar

Thailand juga menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Tim besutan Issara Sritaro itu lolos setelah menjuarai Grup A. Thailand sukses mengemas poin sempurna, sembilan.

Tim tuan rumah juga mencatatkan cleansheet di turnamen ini pada babak penyisihan grup.

"Menyimak penampilan Thailand yang sukses merebut tiga kemenangan di grup A cukup memperlihatkan bagaimana kekuatan mereka," ujar Kesit.

Laga semifinal Piala AFF U-23 yang mempertemukan timnas Indonesia melawan Thailand yang akan digelar Kamis (24/8) adalah duel ulangan final SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu.

Kala itu timnas Indonesia yang dilatih Indra Sjafri keluar sebagai pemenangnya dengan skor 5-2, sekaligus meraih medali emas SEA Games, sejak terakhir kalinya diraih skuad Garuda pada 1991.

Baca juga : Indonesia Vs Timor Leste: Mari Tuntaskan Dengan Kemenangan!

Kekalahan telak 2-5 pastinya masih membekas bagi tim Negeri Gajah Putih tersebut. Walhasil laga semifinal Piala AFF U-23 yang berlangsung di markas mereka sendiri akan jadi kesempatan Thailand membalas dendam.

"Saya prediksi mereka akan tampil lebih ngotot karena bertemu lawan tangguh yang notabene pernah mengalahkan mereka di final SEA Games 2023 Kamboja," ungkap Kesit.

Tim U-23 Indonesia sendiri memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala AFF U-23 tahun 2023.

Tim Merah Putih lolos ke semifinal berstatus sebagai runner up terbaik. Garuda Muda lolos berkat kemenangan Vietnam dan Malaysia di laga sebelumnya.

Di fase grup, Indonesia kalah 1-2 melawan Malaysia dan menang tipis 1-0 atas Timor Leste.

Baca juga : Menkes: Indonesia Dukung Bahas 3 Agenda Kesehatan

Malaysia juga memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di PTT Stadium, Selasa (22/8).

Dengan hasil itu Malaysia mengemas poin sempurna enam poin dari dua laga. Sebelumnya, tim besutan Elavarasan itu menang atas timnas U-23 Indonesia dengan skor 2-1.

Selanjutnya, Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 di Rayong Province Stadium, Selasa (22/8). Sebelumnya, Vietnam mengalahkan Laos dengan skor 4-1 pada laga pertama mereka di Grup C.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.