Dark/Light Mode

Espargaro Ancam Boikot MotoGP India

Senin, 28 Agustus 2023 05:29 WIB
Pol Espargaro. (Foto : Ist)
Pol Espargaro. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Debut MotoGP India 2023 pada akhir September mendatang masih menimbulkan pro dan kontra, salah satunya dari pebalap Aleix Espargaro.

Espargaro bahkan tidak takut memboikot MotoGP India 2023, yang sejauh ini masih menyisakan sejumlah masalah rumit.

Salah satu masalahnya adalah soal birokrasi Pemerintah India yang kabarnya sangat berbelit dan penuh unsur politis.

Baca juga : El Nino Ancam Produksi Tebu, DPR Minta Stok Gula Dijaga

Seperti dalam penyelenggaraan balapan F1 lebih dari satu dekade silam, akhirnya membuat event dihapus dari kalender balap.

Dibandingkan permasalahan tersebut, Espargaro lebih fokus dengan sejumlah kendala teknis yang menyangkut kondisi Buddh International Circuit.

Buddh International Circuit pada dasarnya dibangun untuk balapan F1 sehingga masih ada banyak penyesuaian agar lebih bersahabat dengan MotoGP.

Baca juga : El Nino Ancam Stok Gula, Ini Solusi Pengamat

Masih banyak area yang berbahaya dan perlu diperbaiki, guna meningkatkan keselamatan pembalap motor. “Belum lama ini, Massimo Rivola (bos Aprilia) memberiku foto di area tikungan terakhir. Di sana ada dinding tepat di samping trek,” kata Aleix Espargaro dilansir Speedweek.

“Area ini terlihat sangat sempit dan gila, seperti Indianapolis,” jelas mantan pembalap Suzuki tersebut.

Sejauh ini Espargaro merasa pesimis, permasalahan tersebut bisa diselesaikan waktu yang singkat. Jika tidak ada perubahan yang dilakukan promotor, kemungkinan ia tidak mau balapan di trek dengan panjang 5,125 km tersebut.

Baca juga : MotoGP, Espargaro Sempet Mau Pensiun Dini

“Kuharap pihak yang bertanggungjawab memperbaiki situasi ini. Aku ingin percaya dengan mereka dan aku juga ingin percaya dengan Dorna,” sambungnya.

“Jadi kita tunggu saja. Tapi jika masih ada dinding itu di sana ketika kami datang, maka kami tak mau balapan, tidak ada kesempatan,” tegas kakak Pol Espargaro ini. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.