Dark/Light Mode

Hari Ini Groundbreaking TC IKN, Erick: Cita-Cita Lama Akhirnya Tercapai

Jumat, 22 September 2023 10:42 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kanan) bersama Presiden Jokowi (kedua kiri) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) saat meninjau groundbreaking National Training Center di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). (Foto: dok. PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kanan) bersama Presiden Jokowi (kedua kiri) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) saat meninjau groundbreaking National Training Center di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). (Foto: dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengucap syukur atas groundbreaking National Training Center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Ini menandai babak baru sepak bola Indonesia.

Erick mengatakan, pembangunan TC IKN ini tak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Jokowi dan komitmen FIFA, yang melihat Indonesia serius menjalankan transformasi sepak bola bersih dan berprestasi.

"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola. Kita akhirnya bisa membuat sejarah, memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick dalam sambutannya di acara groundbreaking National Training Center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (22/9/2023).

 

 

Baca juga : Jokowi Sedih Lihat Harga Beras

Mantan Presiden Inter Milan ini menjelaskan, FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp 85,6 miliar untuk pembangunan TC fase pertama.

Fase pertama akan membangun dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, serta ruang ganti. "Ini adalah hibah terbesar FIFA ke sebuah negara," ucap Erick.

Pembangunan TC seluas 34,5 hektare ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berupa infrastruktur pendukung dan dan pembebasan lahan senilai Rp 90 miliar melalui APBN.

Dalam pembangunan fase kedua, TC akan dilengkapi dengan lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, plus fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

"Bapak (Presiden, saya rasa, ini adalah simbol kepercayaan dunia internasional. FIFA percaya, pembangunan Ibu Kota Nusantara ini benar-benar nyata. Ini adalah hal yang tentu positif," tutur Erick.

Baca juga : Jokowi: Percaya Sama Saya, Sepak Bola Kita Bakal Merajai, Minimal Asia Tenggara

Menurut rencana awal, pembangunan TC dijadwalkan selesai dalam waktu delapan bulan. Namun, akan dipercepat menjadi enam bulan. Rencana percepatan ini sudah disetujui Jokowi.

"Mohon bila Bapak berkenan, memberikan arahan dan sekalian untuk melakukan groundbreaking dimulainya pembangunan Training Center ini," kata Erick.

Jokowi Optimistis

Dalam sambutannya saat groundbreaking, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki begitu banyak stadion bertaraf internasional. Baik di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Namun, belum memiliki tempat latihan untuk timnas yang terpusat dan terintegrasi. Sehingga, tempat latihan timnas seklalu berpindah-pindah.

"Oleh sebab itu, alhamdulillah, pada pagi hari ini kita groundbreaking National Training Center untuk sepak bola Indonesia," ujar Jokowi.

Pusat latihan yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare ini memiliki delapan lapangan dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Terintegrasi dengan pembangunan IKN.

Baca juga : Astra Land Indonesia Lakukan Groundbreaking Ammaia Ecoforest di Cikupa, Tangerang

"Pusat latihan ini akan dilengkapi asrama, dengan lingkungan sangat indah dan cantik sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah, dan jauh dari keramaian. Tidak seperti di Jakarta, pagi latihan, malamnya tidak latihan kalau. Kalau di sini, nggak. Kalau malam, tetap latihan," tutur Jokowi.

TC IKN tak sekadar tempat berlatih, melainkan juga menjadi pusat inovasi pengembangan sepak bola dan memfasilitasi riset dan pengujian teknologi terbaru dalam sepak bola Indonesia.

Jokowi pun menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan FIFA, dalam bentuk pendanaan FIFA Forward terbesar di Asia Tenggara sejumlah Rp 85,6 miliar kepada PSSI.

"Dukungan dari pemerintah juga tidak kecil, sebesar Rp 95 miliar yang sudah disetujui Menteri Keuangan, nanti kalau kurang ditambahi lagi, sehingga TC ini segera bisa diselesaikan," lanjut Jokowi.

Jokowi optimistis, kehadiran TC plus dukungan manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta kecintaan besar masyarakat ke sepak bola, timnas tidak hanya bisa menjadi juara di Asia Tenggara, tapi juga segera mendunia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.