Dark/Light Mode

Hadapi PON 2024, PB KODRAT Siap Gelar Kejurnas Tarung Derajat 2023 di Bandung

Sabtu, 7 Oktober 2023 06:50 WIB
Ketua Umum PB KODRAT Bambang Soesatyo (berkemeja putih). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PB KODRAT Bambang Soesatyo (berkemeja putih). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo bersama Sang Guru Badai dan Sang Guru Rimba mematangkan persiapan Babak Kualifikasi PON 2024 Cabang Olahraga Tarung Derajat sekaligus Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tarung Derajat 2023. Acara diselenggarakan pada 19-22 Oktober 2023 di GOR Youth Centre, Sport, Jawa Barat.

"Acara diikuti 410 orang atlet yang akan berlaga memperebutkan 162 kuota untuk dapat lolos bertanding pada PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Hal ini berdasarkan kuota yang telah ditetapkan melalui SK KONI Pusat Nomor 120/2022," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menerima Sang Guru Badai dan Sang Guru Rimba serta pengurus KODRAT Jawa Barat, di Bandung, Jumat (6/10).

Baca juga : Hadapi BK PON, Aryo: Saya Harap Berkuda DKI Jadi Juara Dunia

Turut hadir dalam pertemuan itu antara lain Ketua Pengprov KODRAT Jabar Dedi Taufik, Sekum Pengprov KODRAT Jabar Ase Herman, Ketua Panpel BK PON XXI/2024 Dikky Achmad dan Technical Delegate Pertandingan, Heru Hermawan.

Ketua MPR ini menjelaskan, KODRAT Jawa Barat di bawah kepemimpinan Dedi Taufik bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat juga telah menyelenggarakan Kejuaraan Daerah Tarung Derajat Gubernur Jawa Barat Cup 2023 pada Agustus 2023. Kejuaraan diikuti berbagai Satuan Latihan (Satlat) se-Jawa Barat, sebagai bagian dalam menyambut BK PON XXI.

Baca juga : Sambut Pemilu 2024, FKPPI Akan Gelar Apel Siaga Kebangsaan Bela Negara 2023

"Selain meningkatkan pembinaan dan kualitas para atlet, Kejurnas Tarung Derajat 2023 maupun Kejurda Gubernur Jawa Barat Cup 2023 juga menjadi ajang evaluasi bagi pelatih dan pengurus provinsi KODRAT se-Indonesia dalam mematangkan persiapan menghadapi PON XXI," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, Tarung Derajat telah mendapatkan dukungan resmi dari empat negara ASEAN, yaitu Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Filipina, agar bisa dipertandingkan dalam salah satu cabang olahraga di SEA GAMES. PB KODRAT juga akan berkoordinasi dengan para pecinta olahraga Tarung Derajat di Brunei Darussalam dan Kamboja agar bisa segera membentuk kepengurusan nasional KODRAT di masing-masing negaranya.

Baca juga : PKS Siap Tantang Petahana

"Mengingat dari seluruh negara di kawasan Asia Tenggara, hanya tinggal Brunei dan Kamboja yang belum memiliki kepengurusan Tarung Derajat. Jika sudah lengkap, diharapkan bisa semakin mempermudah langkah Tarung Derajat agar bisa dipertandingkan dalam salah satu cabang olahraga di SEA Games 2025 yang rencananya diselenggarakan di Bangkok," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.