Dark/Light Mode

Plt Asprov PSSI DKI Prioritaskan Kompetisi

Minggu, 8 Oktober 2023 23:01 WIB
Workshop Asprov PSSI DKI Jakarta, di Hotel Kimaya Slipi, Jakarta Barat. (Foto: Istimewa)
Workshop Asprov PSSI DKI Jakarta, di Hotel Kimaya Slipi, Jakarta Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) DKI Jakarta akan memutar kompetisi Liga 3 dan Piala Soeratin usia 13, 15, 17 2023 pada Oktober-November 2023. Kepastian menggelar kompetisi itu setelah acara workshop, di Hotel Kimaya Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (7/10).

Di dalam agenda tersebut, Asprov PSSI DKI Jakarta memaparkan program kompetisi, format kompetisi, serta memberikan training kepada calon peserta kompetisi terkait penggunaan sistem SIAP (Sistem Informasi Administrasi Pertandingan) yang dihadiri langsung IT dari PSSI Pusat.

Setelah agenda tersebut, Asprov PSSI DKI Jakarta juga langsung melakukan drawing Liga 3 dan Piala Soeratin Usia 13, 15, 17 yang diikuti 20 klub amatir Liga 3. Rinciannya U-17 diikuti 25 tim, U-15 diikuti 28 tim, dan U-13 diikuti 28 tim.

Baca juga : BNPT Gelar Penguatan Kapasitas Dan Kompetensi Aparat Di Jatim

Plt Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta Eko Setyawan yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Pusat menyatakan, pihaknya ingin membangkitkan kembali sepak bola DKI yang mati suri akibat belum adanya Ketua Asprov tetap selama kurang 2 tahun.

“Sudah kewajiban saya sebagai Plt Ketua Asprov DKI Jakarta melaksanakan amanah perintah dari Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir. Salah satunya adalah menjalankan program yang sudah di rencanakan oleh PSSI Pusat seperti kompetisi di semua usia dan liga amatir asprov wajib menjalankan program tersebut. Selain itu saya juga harus menjalankan kongres pemilihan, namun hal itu bisa sambil berjalan ungkap,” ujar Eko, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (8/10).

Eko menambahkan, dirinya sudah menyiapkan tim untuk menjalankan kompetisi. “Saya sudah menyiapkan tim netral untuk menjalankan kompetisi semua. Insya Allah semua akan berjalan lancar dan bisa memberikan jam terbang berkompetisi kepada anak-anak serta dapat melahirkan juara juara yang dapat mewakili ke tingkat nasional,” ucapnya.

Baca juga : Erick: PSSI Dan Polri Mantapkan Kesiapan Piala Dunia U-17

Soal kapan akan dilaksanakan Kongres Asprov DKI Jakarta, Eko mengatakan yang harus dikejar sekarang adalah kompetisi pada Desember harus nasional.

“Jika kita lihat dari program PSSI, Piala Soeratin semua usia akan diputar pada Desember 2023. Artinya regional provinsi harus selesai akhir November 2023. Jika kita tidak segera putar, kasihan anak anak usia mereka pasti akan terlewatkan lagi untuk bermain di Piala Soeratin di masing masing usianya saat ini. Artinya kompetisi prioritas saat ini harus dijalankan,” sambungnya.

Menurut Eko, kongres pemilihan untuk mendapatkan ketua dan wakil ketua serta Exco Asprov dan tugas Ketua Asprov itu untuk menjalankan program program PSSI pusat. Salah satunya seperti pembinaan dan menjalankan kompetisi. “Masa gara-gara kita fokus karena kongres pemilihan, kesempatan pembinaan dan kompetisi kita akan lewatkan. Kan tidak begitu cara berpikir untuk sepak bola,” pungkas Eko.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.