Dark/Light Mode

Pastikan Juara Formula Satu

Verstappen Cetak Hattrick

Senin, 9 Oktober 2023 07:00 WIB
Max Verstappen. (Foto: AFP)
Max Verstappen. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil ciamik kembali diraih pebalap Formula Satu (F1) dari tim Red Bull, Max Verstappen. Pebalap asal Belanda ini memastikan gelar juara dunia F1 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Gelar itu diraih Verstappen setelah finis di posisi kedua di belakang pebalap rookie Oscar Piastri di balapan yang penuh insiden di Sprint Race GP Qatar. Piastri meraih kemenangan per­tamanya di ajang F1. Namun rai­han pebalap Australia berusia 22 tahun itu bak terlupakan dengan raihan Verstappen, yang menjadi juara dunia setelah hanya butuh raihan tiga poin dari GP Qatar.

Saingan terdekat Verstappen, rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez, mengalami ke­celakaan dan gagal finis. Hal ini menjadikan pebalap Belanda itu menjadi ‘Juara Sabtu’ pertama sejak Nelson Piquet, ayah dari kekasihnya, Kelly, kala menjadi juara di Afrika Selatan pada 1983.

Baca juga : Bukan Cuma Beras, Telur, Ayam, Gula, Juga Ikutan Naik

“Saya tidak tahu harus berkata apa. Tahun ini sangat luar biasa. Terima kasih karena memberi saya mobil yang luar biasa. Ta­hun ini sangat menyenangkan,” ujar Verstappen kepada timnya lewat radio mobil.

Verstappen menjadi pebalap ke-11 dalam sejarah Formula 1 yang berhasil mencatatkan namanya sebagai juara dunia tiga kali. Ketiga gelar itu direbut pilot jet darat Red Bull Racing dalam tiga musim secara beruntun.

Verstappen mengumpulkan total 407 poin dan tidak mung­kin dikejar Perez, apapun hasil balapan di sisa enam seri musim ini. Verstappen unggul 184 poin dari Perez dengan sisa enam seri yang hanya bisa memperebutkan total 172 poin.

Baca juga : Max Verstappen Makin Pede

“Tapi ini jelas merupakan tahun terbaik saya untuk kemenangan berturut-turut dan hal-hal seperti itu dan mobil itu sendiri telah mungkin dalam kondisi terbaik juga,” kata Verstappen.

Verstappen mengatakan pe­ngalamannya membalap bersa­ma Toro Rosso saat melakukan debut Formula 1 di usia 17 tahun pada 2016, dan sekarang berada di Red Bull sangat penting bagi kehidupan dan perkembangan kariernya. “Saya terus berusaha untuk berkembang dan tentu saja saya tidak berpikir saya telah menjadi pebalap yang lebih cepat, tetapi Anda memi­liki lebih banyak pengalaman di dalam mobil, Anda tumbuh sebagai pembalap dan Anda juga berkembang, saya pikir sebagai pribadi dalam hidup,” ujarnya.

Kepala tim Red Bull, Chris­tian Horner memuji Verstappen yang baru meraih gelar juara du­nia tiga kali F1 sebagai pebalap paling kompetitif yang pernah dilihat. Horner menggambar­kan pebalap Belanda berusia 26 tahun itu sebagai pebalap fenomenal.

Baca juga : PBNU: Proyek Rempang Harus Nomor Satukan Kesentosaan Masyarakat

“Dia yang paling dominan sejauh ini, jadi tidak mengejut­kan, tapi melihat Max bergabung dengan beberapa nama hebat yang kita bicarakan sebelum­nya,” kata Horner.

Verstappen adalah satu dari hanya lima pebalap yang memenangkan tiga gelar dunia pebalap berturut-turut bersama Juan Manuel Fangio, Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton. Verstappen juga bersanding dengan pebalap yang telah tiga kali menjadi juara F1 yaitu Jack Brabham, Niki Lauda, Nelson Piquet, Ayrton Senna, dan Jackie Stewart.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 9/10/2023 dengan judul Pastikan Juara Formula Satu, Verstappen Cetak Hattrick

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.