Dark/Light Mode

Pelatihannya Jalan Terus

Erick Pastikan, VAR Diluncurkan Untuk Pertandingan Liga I Februari 2024

Selasa, 10 Oktober 2023 10:31 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir terus mematangkan kesiapan penggunaan Asisten Wasit Video atau VAR. Saat ini, pelatihan VAR telah berlangsung pada fase pertama.

"Untuk Piala Dunia U-17, kita ambil lagi training fase kedua. Pelatihan VAR ini akan terus berlanjut hingga fase ketiga pada Desember mendatang," ujar Erick dalam perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh menuju ke Stasiun Tegalluar, Bandung, Senin (9/10/2023).

Erick yang namanya santer disebut sebagai cawapres terkuat menuturkan, merek dan sistem VAR untuk Piala Dunia U-17 juga sama dengan merek dan sistem VAR, yang rencananya digunakan untuk Liga 1 pada Februari mendatang.

Baca juga : Plataran Indonesia Gandeng Bluebird Luncurkan Paket Perjalanan EZTrip

"Insya Allah, pada Desember nanti, pelatihan fase ketiga ini sudah bisa kita dorong untuk dituntaskan. Sampai Februari nanti VAR benar-benar ada," ucap Erick.

Penggunaan VAR merupakan terobosan, dalam mewujudkan sepak bola Indonesia yang lebih profesional dan bersih.

Baca juga : OSO Ungkap Pendamping Ganjar

"Kita harap, penggunaan VAR bisa menekan kesalahan individu untuk para wasit. Kalau ada 'permainan', pengaturan skor, atau sepak bola negatif, ya tetap kita tangkap. Polisi punya komitmen penjarakan, saya punya komitmen hukum seumur hidup," tegas Erick.

PSSI melalui Komite Wasit, sudah berdiskusi dengan Komisi Disiplin dan PT Liga untuk menghukum oknum wasit.

Baca juga : AP II Pastikan Tak Ada Penutupan Penerbangan Selama KTT ASEAN

"Itulah yang harus kita dorong, agar kualitas sepak bola bisa terus meningkat. Tidak hanya industri olahraganya, tetapi juga prestasinya, karena ini kan saling berkaitan," pungkas Erick.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.