Dark/Light Mode

Aqsa Aswar Naik Podium di Kejuaraan Dunia Jetski 2023, di Amerika

Selasa, 10 Oktober 2023 22:37 WIB
Aqsa Aswar meraih podium ke-3 dalam kejuaraan dunia The 42nd World Finals 2023, di Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)
Aqsa Aswar meraih podium ke-3 dalam kejuaraan dunia The 42nd World Finals 2023, di Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang kejuaraan dunia The 42nd World Finals 2023 olahraga jetski kembali digelar di 2023, yang berlangsung di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat. Kejuaraan World Finals diadakan setiap tahun. Tahun ini berlangsung pada 2-8 Oktober 2023, yang digelar oleh International Jet Sports Boating Association.

Dalam kejuaraan dunia tersebut, Aqsa Aswar asal Indonesia kembali menunjukan kemampuan dengan sukses meraih podium ke-3 di kelas bergengsi, Pro Am Endurance Open. Sementara, posisi ke-1 ditempati Jean Bruno Pastorello dari Perancis dan posisi ke-2 Kylie Ellmers dari Australia. 

Pada balapan di kelas ini terjadi pertarungan sengit, karena diikuti pembalap-pembalap terbaik di dunia Jetski. Mereka berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Perancis, Italia, Australia, Kuwait, Canada, UEA, dan Thailand.

Baca juga : PKS Diganjar Fraksi Peduli Kesejahteraan Umat, Wisnu Wijaya: Kami Istiqomah

Selain di kelas tersebut, Aqsa Aswar juga tampil di kelas Pro Am Runabout 1100 Stock. Di kelas ini, dia harus puas menempati urutan ke-4. Dia juga tampil di kelas Pro Am Runabout Stock dan berada di urutan ke-5.

Kemampuan fisik yang cukup baik membuat Aqsa mampu tampil di 3 kelas sekaligus dengan masing-masing kelas terdiri dari 3 motto (3x balapan).

Tim Jetski Indonesia juga menurunkan Wisnu Dwihutomo di kelas Amateur Runabout 1100 Stock dengan menempati urutan ke-6, serta pembalap junior yang saat ini berlatih di Jetski Indonesia Academy, Ancol, diprediksi akan cemerlang pada tahun mendatang, yakni Aftara Ivanov (14 tahun), tampil pada kelas Novice Runabout 1100 Stock sudah mampu menunjukkan bakatnya dengan berhasil menempati di urutan ke-9 dunia.

Baca juga : Qarrar Firhand 2 Kali Tercepat di Pemanasan Jelang Kejuaraan Dunia di Italia

Secara umum, para pembalap tim Jetski Indonesia 2023 berada pada 10 besar dunia. Fully Aswar, pimpinan Indonesia Jetsports Boating Association serta selaku pelatih tim Jetski Indonesia yang mengiringi tim selama di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa salah satu faktor keunggulan tim negara lain adalah sudah berada di lokasi pertandingan jauh sebelum kejuaraan berlangsung.

"Praktis lebih memiliki waktu persiapan jetski-jetski dan fisik yang cukup melalui proses penyesuaian cuaca dan setempat yang cukup ekstrem," ujar Fully Aswar, melalui keterangan tertulis kepada media, Selasa (10/10).

Tim Indonesia hanya punya waktu persiapan dua hari disertai jetlag perjalanan. Namun demikian, hasil kali ini akan menjadi pemacu bagi para calon-calon atlet jetski untuk menjadi nomor satu di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.