Dark/Light Mode

Laga FIFA Matchday

Kamerun Vs Senegal, Sadio Mane Siap Jebol Onana

Minggu, 15 Oktober 2023 12:03 WIB
Bintang Senegal, Sadio Mane. (Foto : Ist)
Bintang Senegal, Sadio Mane. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua raksasa Benua Afrika, Senegal dan Kamerun akan bertemu dalam laga persahabatan FIFA Matchday  di Stade Bollaert-Delelis, pada Selasa (17/10), pukul 01.30 WIB.

Timnas Senegal punya bintang sepakbola dunia, Sadio Mane. Sementara Kamerun, berjuluk Les Lions Indomptables atau Lions Indomptables alias Singa Gigih, juga memiliki pemain dunia Andre Onana

Saat ini, Andre Onana menjadi penjaga gawang raksasa Liga Inggris, Manchester United alias The Red Devils atau Setan Merah. Sebelum ke Manchester United, Andre Onana adalah penjaga gawang di raksasa Italia, Inter Milan.

“Ini laga yang akan sulit,” kata penyerang Senegal, Sadio Mane.

Sadio Mane memimpin Senegal meraih gelar AFCON pertama di Kamerun tahun lalu, menang adu penalti melawan Mesir.

Mereka akan berusaha mempertahankan mahkota mereka di final yang diikuti 24 tim di Pantai Gading.

Pengundian berlangsung di Abidjan pada hari Kamis, tiga bulan sebelum acara besar benua itu dimulai pada 13 Januari hingga 11 Februari 2024.

Baca juga : Jerman Hajar Amerika Serikat, Debut Nagelsmann Menjanjikan

“Kami sangat senang Sadio Mane ada di sini bersama kami,” ujar Marcelo Salazar, dikutip dari akun Twitter (X) milik jurnalis TZ Muenchen, Phillipp Kessler.

“Mane adalah bintang dunia, pesepakbola yang fantastis. Dia bahagia. Pada hari pertama dia datang dengan senyum lebar - dan kita melihat senyum itu setiap hari dalam latihan dan pertandingan. Dia menerima tantangan baru. Dia adalah pria yang banyak tersenyum,” tuturnya.

Marcelo Salazar pun menyentil Bayern Munchen, mantan klub yang tak mampu mengeluarkan sisi terbaik dari Sadio Mane, seharusnya berkaca.

Meski begitu, ia juga mengakui bahwa Sadio Mane tetap harus melihat ke dalam dirinya sendiri tentang performanya yang menurun saat masih di Jerman.

“Jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan di Bayern Munchen pasti ada alasannya,” lanjutnya.

“Orang-orang di Bayern Munchen harus bertanya pada diri sendiri mengapa Mane tidak bisa menunjukkan level terbaiknya di klub? Dan sang pemain juga harus melakukan hal yang sama. Selalu ada dua sisi dalam sebuah cerita,” imbuhnya.

“Tapi yang paling penting adalah Sadio bersama kami, dan kami sangat senang dengannya. Dia adalah pemain yang fantastis, orang yang fantastis, dan sangat santai,” katanya.

Baca juga : Dukungan Jadi Cawapres Terus Mengalir, Gibran Sadar Sedang Disorot

Sadio Mane termasuk jarang loncat-loncat pindah klub dalam karier sepak bolanya. Debut profesional Sadio Mane dimulai pada 2012 saat ia bergabung dengan klub Prancis, FC Metz, sebelum akhirnya pindah ke RB Salzburg.

Dari situ, karir Sadio Mane beralih ke Liga Premier pada 2014, awalnya di Southampton FC, lalu ke Liverpool.

Semasa satu musim di RB Salzburg, ia mencetak tiga gol dan memberikan empat assist dalam delapan pertandingan.

Lalu, winger kelahiran Bambali, Senegal 10 April 1992 itu menghabiskan dua musim di Southampton FC, mengantongi 24 gol dan menyumbang sembilan assist dalam 71 pertandingan.

Kemudian, enam tahun di Liverpool masa keemasan Sadio Mane tertoreh hingga menjadikannya sebagai salah satu pemain depan paling trengginas di Tanah Eropa.

Dalam kurun waktu itu, ia telah membantu The Reds meraih trofi bergengsi, termasuk Liga Premier dan Liga Champions.

Di Liverpool dan di bawah asuhan Jurgen Klopp, Sadio Mane menjadi bagian dari Trio Firmansah bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, salah satu trio lini depan yang terkuat di Eropa.

Baca juga : Lawan Persita, DDS Siap Cetak Gol

Selama lima musim bersama, Trio Firmansah telah menjadi ancaman lini pertahanan klub papan atas Eropa dan mencetak total 338 gol.

Saat di Bayen Munchen yang cuma satu musim, Sadio Mane mencetak 12 gol dan menyumbang 5 assist dalam 38 pertandingan.

Kini, di Al Nassr sejak musim 2023/2024 berjalan sejauh ini, Sadio Mane telah mencetak enam gol dengan dua assist dalam 11 pertandingan.

Prediksi Susunan 

Timnas Senegal (4-3-3) : Dieng; Jakobs, Diallo, Koulibaly, Mendy; Kouyate, N Mendy, Ciss; Mane, Jackson, Sarr.
Pelatih: Aliou Cisse.

Timnas Kamerun (4-3-3) : Marcelin Mbahbi; Ibrahim Saidou, Yves Moukoko, Che Malone, Thomas Bawak; Arthur Avon, Louiz Mbah, Kaiba; Jerome Mbekeli, Kemajou Dibami, Ramses Donfack.
Pelatih: Rigobert Song.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.