Dark/Light Mode

Dibuka Hari Ini

RLC Asia Pacific Bahas Kerja Sama Pengembangan Anak-anak Disabilitas Intelektual

Jumat, 3 November 2023 20:04 WIB
Regional Leadership Conference (RLC) 2023 kawasan Asia Pacific hari pertama, di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Jumat (3/11). (Foto: Special Olumpics Indonesia)
Regional Leadership Conference (RLC) 2023 kawasan Asia Pacific hari pertama, di Hotel Pullman, Jakarta Barat, Jumat (3/11). (Foto: Special Olumpics Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Regional Leadership Conference (RLC) 2023 kawasan Asia Pacific digelar hari ini, Jumat (3/11), di Hotel Pullman, Jakarta Barat. Peserta datang dari 27 negara anggota Special Olympics Kawasan Asia Pacific.

Pertemuan digelar dalam tiga hari. Peserta akan membahas kerja sama mengembangkan anak-anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual.

Baca juga : Terima IKN, Bamsoet Dorong Pengembangan Pasar Kripto di Indonesia

Special Olympics merupakan organisasi olahraga untuk anak-anak dan orang dewasa penyandang disabilitas intelektual yang menyediakan pelatihan dan aktivitas sepanjang tahun untuk 5 juta peserta dan mitra olahraga terpadu di 172 negara.

Program Special Olympics di kawasan Asia Pacific kini diikuti oleh 2,1 juta atlet. Tujuan gerakan ini adalah mempromosikan inklusi, sikap menghormati, menjunjung martabat warga difabel intelektual lewat olahraga.

Baca juga : Peringati Hari Santri, Relawan Asandra Gelar Pembacaan Rotib Di Kota Batu

Pemerintah Indonesia mendukung penuh kegiatan ini. Lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga, para peserta akan diundang hadir dalam acara Cultural Nite, Sabtu (4/11). Dalam acara itu, anak-anak bertalenta khusus yang tergabung Special Olympics Indonesia akan mempertontonkan keragaman budaya lewat sejumlah penampilan karya seni.

"Ini merupakan kesempatan kita menunjukkan kepada negara-negara lain bahwa Indonesia serius menangani anak-anak bertalenta khusus," ujar Ketua Umum Special Olympics Indonesia Warsito Ellwein, dalam keterangan yang diterima RM.id, Jumat (3/11).

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

Dia mengharapkan, pertemuan ini membuka kesempatan kerja sama lebih jauh di sejumlah kegiatan. Tak cuma kompetisi olahraga, namun juga soal atlet leadership, family program, dan lainya.

"Para peserta tentu bisa mengerti bagaimana Special Olympics Indonesia menggelar Pekan Special Olympics Nasional juga menyiapkan delegasi ikut serta di berbagai event internasional, seperti Special Olympics World Games di Berlin, Juni lalu," tambah dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.