Dark/Light Mode

Dubes Rosan: Komunikasi Kunci Kerja Sama Keamanan Dan Ekonomi Di Indo-Pasifik

Minggu, 1 Oktober 2023 20:34 WIB
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani bicara di ASEAN Matters for America and America Matters for ASEAN, di Washington DC, AS/Ist
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani bicara di ASEAN Matters for America and America Matters for ASEAN, di Washington DC, AS/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) yang juga Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani menegaskan, komunikasi intensif menjadi kunci kerja sama keamanan dan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

Hal itu diungkapkan Dubes Rosan saat menjadi pembicara dialog “ASEAN Matters for America and America Matters for ASEAN," di Washington DC, AS, pada 28 September 2023.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Jaga Kelestarian Danau Sipin Di Kota Jambi

“Sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, yang juga mewakili ASEAN, saya menekankan pentingnya jalinan komunikasi. Agar semakin terbuka peluang kerja sama yang lebih baik di masa kini dan masa depan bagi kesejahteraan bersama,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (1/10). 

Dialog yang diselenggarakan East-West Center berkolaborasi dengan US-ASEAN Business Council dan ISEAS - Yusof Ishak Institute, menghadirkan pembicara, antara lain Vice President East-West Center & Director, Research Program and East-West Center in Washington Dr  Satu P. Limaye, President & CEO US-ASEAN Business Council Ted Osius, Director & Chief Executive Officer, Head of ASEAN Studies Centre, ISEAS - Yusof Ishak Institute Choi Shing Kwok, Senior Manager, Federal & Diplomatic Government Relations, The Coca-Cola Company Shaun Garrison, Anggota Kongres Kaukus ASEAN Ami Bera dan Senior Director for Maritime Southeast Asia, International Trade Policy, US-ASEAN Business Council Lilibeth Almonte-Arbez.

Baca juga : Dubes Rosan: Diperlukan Kerja Kolektif Untuk Percepat Pencapaian SDGs

Menurut Dubes Rosan, pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik bertujuan untuk membangun Indo-Pasifik sebagai kawasan yang inklusif dan kolaboratif melalui  kerja sama.

Di hadapan anggota kongres, pemimpin dan para tokoh dunia, Dubes Rosan secara eksplisit menekankan  pentingnya hubungan AS-ASEAN di bidang ekonomi dan pertahanan. Khususnya di wilayah Indo-Pasifik.

Baca juga : Tekan Inflasi, Mendagri Imbau Pemda Kampanyekan Gerakan Stop Boros Pangan

“Kawasan Indo-Pasifik berkontribusi sekitar 65 persen bagi pertumbuhan ekonomi dunia,” ujarnya.

Menurutnya, kawasan ini juga menjadi bagian dari rantai pasok global, pembiayaan berkelanjutan, digitalisasi dan ekosistem pembayaran serta pariwisata dan ekonomi kreatif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.