Dark/Light Mode

Piala Dunia U-17

Argentina Vs Senegal, Tango Muda Siap Beraksi

Sabtu, 11 November 2023 07:01 WIB
Para pemain timnas Argentina saat latihan. (Foto : ist)
Para pemain timnas Argentina saat latihan. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pemain muda Tango Timnas Argentina U-17 akan menjajal kemampuan tim Singa Teranga, Senegal U-17 pada matchday pertama Grup D Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Duel kedua tim dijadwalkan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (11/11/2023), pukul 19.00 WIB, disiarkan secara Live Streaming di Vidio.

Tergabung di Grup D, Argentina akan bersaing dengan Jepang, Polandia, dan Senegal.

La Albiceleste  tim dengan sejarah sepakbola yang kuat, terbukti dari koleksi Piala Dunia di level senior dan U-20. Kendati demikian kemenangan global di level U-17 masih absen dari koleksi trofi mereka.

Prestasi terbaik mereka hanyalah tempat ketiga, itu pun terakhir diraih pada 2003 di era Ezequiel Garay dan Lucas Biglia Cs. 

Tak hanya itu, armada Diego Placente juga gagal merengkuh juara di Copa America U-17 tahun ini, lagi-lagi hanya mampu finis ketiga di bawah Brazil dan Ekuador.

Harapan besar Argentina untuk pecah telur di Piala Dunia U-17 ini berada di Pundak Caucio Echeverri. Sang Reinkarnasi Lionel Messi’ ini menyabet status top skor Copa America U-17 2023 dengan lima gol dari posisi gelandang serang.

Argentina menyimpan harapan besar untuk Claucio Echeverri, yang akan bertindak sebagai kapten Albiceleste junior di Indonesia setelah menjadi top skor Copa America U-17 2023 dengan lima gol dari posisi gelandang serang.

Juga piawai dimainkan di kiri, bintang berusia 17 tahun ini pun digadang-gadang sebagai reinkarnasi Lionel Messi, dan hype tersebut semakin terbukti setelah memberikan penampilan yang matang untuk tim senior River Plate.

Real Madrid kabarnya memantau situasi Echeverri, dan jika ia mampu bersinar selama sebulan ke depan di Piala Dunia U-17, mungkin Los Blancos tak akan menjadi satu-satunya tim elite Eropa yang meminatinya.

Tapi lawan mereka, Senegal, sama sekali tak bisa diremehkan. Singa Muda Teranga ini memang baru dua kali mengikuti Piala Dunia U-17, termasuk di edisi 2023 ini, tetapi anak asuh Serigne Dia ini bisa dibilang generasi emas setelah menjuarai Piala Afrika U-17 Mei kemarin.

Mereka akan mengandalkan seorang bocah berusia 15 tahun, Amara Diouf, yang lima golnya di Piala Afrika U-17 cukup untuk meraih Sepatu Emas dan memecahkan rekor Victor Osimhen untuk gol terbanyak dalam satu edisi turnamen.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Garuda Muda Mampu Menahan Ekuador 1:1

Bintang kelahiran 2008 ini merupakan salah satu pemain termuda di Piala Dunia U-17 2023, dan Amara Diouf tiba di Indonesia setelah membantu Senegal menjuarai Piala Afrika U-17 untuk pertama kalinya.

Lima golnya di turnamen tersebut cukup untuk meraih Sepatu Emas dan memecahkan rekor Victor Osimhen untuk gol terbanyak dalam satu edisi turnamen.

Sejak saat itu, striker berusia 15 tahun ini telah melakoni debut untuk timnas senior Senegal usai mengenyam pendidikan di akademi Generation Foot, yang merupakan almamater Sadio Mane, Ismaila Sarr, hingga Pape Matar Sarr.

Manchester United, Arsenal, Real Madrid, Barcelona, dan Manchester City dikabarkan berminat pada Diouf, namun ia memilih untuk mengikuti jejak Sadio Mane dan bergabung dengan klub Ligue 1, Metz, saat cukup usia nanti.

Argentina U-17 dan Senegal U-17 tergabung ke dalam Grup D World Cup U-17 2023, di mana mereka bakal memainkan laga perdana mereka di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Dalam laga nanti, skuad Argentina muda lebih diunggulkan untuk mendapatkan kemenangan.

Target Argentina sendiri yaitu menjadi juara untuk pertama kalinya selama Negara tersebut berkompetisi di kejuaraan sepak biola dunia U-17 tersebut. 

Sejauh ini pencapaian terbaik Timnas Argentina adalah finis di urutan ketiga, yakni diraih pada tahun 1991, 1993 dan 2005.

Melansir situs FIFA.com, ini menjadi seri ke-15 yang diikuti Timnas Argentina Muda di ajang Piala Dunia U-17. Mereka memulai debutnya di ajang tersebut pada tahun 1985 silam.

Negara tersebut telah memainkan 65 pertandingan di ajang World Cup U-17 dan mengemas 98 gol.

Sementara itu, Senegal U-17 juga bukan lah lawan yang patut diremehkan. Mereka berhasil berhasill mendapatkan tempat Piala Dunia U-17 2023 dengan status sebagai juara Piala Afrika U-17 2023.

Skuad yang mumpuni musim ini membuat mereka dengan mudah melenggakan ke partai final Piala Afrika 2023 beberapa waktu lalu. Mereka berhasil mengalahkan Maroko di partai final dengan skor tipis 2-1.

Baca juga : Kiper Ikram Jadi Pahlawan, Garuda Muda Tahan Ekuador 1-1

Sebelum bertemu Senegal, tim nasional Argentina U-17 menjalani sesi latihan di lapangan sepak bola Saraga, ITB, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023) malam. Pertandingan itu adalah untuk mempersiapkan laga perdana kontra Senegal, Sabtu (11/11/2023).

Memanfaatkan lebar lapangan, skuad asuhan Diego Placente terlihat digenjot secara fisik guna mengantisipasi permainan cepat ala Afrika dari Senegal. 

Dalam latihan persiapan pada malam hari tersebut para pemain, para pemain Tim Tango terlihat melakukan senam peregangan otot dan berlatih menggunakan bola, baik mengontrol, melepaskan tembakan, mengirim umpan atau melakukan penyelamatan.

Hampir satu jam lebih, beberapa pemain Argentina, seperti Claudio Echeverri, Maher Carrizo, Agustín Ruberto, dan Santiago Lopez terlihat menikmati sesi latihan ini. 

Skuad Argentina U-17 yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023 diisi oleh pemain-pemain jebolan klub kawakan Argentina sekelas River Plate, Boca Juniors, dan Estudiantes.

Argentina sudah lima kali mencapai semifinal Piala Dunia U-17, tetapi selalu gagal ke final. Sejauh ini, prestasi terbaik Argentina adalah tiga kali peringkat ketiga, yakni pada edisi 1991, 1993 dan 2005.

Argentina akan kembali berjuang untuk meraih gelar juara dunia U-17 pertama mereka. Kali ini, mereka akan mencobanya di Indonesia. 

Argentina yang tergabung di grup D akan bersaing dengan juara Piala Asia Jepang dan juara Piala Afrika Senegal. Satu lawan lainnya ialah kuda hitam Eropa, Polandia.

Sebanyak 5 pertandingan grup D akan berlangsung di Jalak Harupat Stadium, Bandung. Argentina akan menghadapi Senegal, Sabtu (11/11/2023) dalam pertandingan yang digelar pukul 19.00 WIB.

Sementara satu pertandingan pamungkas, Polandia kontra Argentina akan berlangsung di Jakarta International Stadium, 17 November 2023.
Echeverri mengaku selama perjalanan kariernya di sepak bola tak lepas dari doa dan dukungan penuh dari kedua orang tuanya, termasuk sang ibu.

“Keluarga bagiku sangat berarti. Sejak kecil aku selalu mendapat dukungan dari ibu dan ayahku. Dan saat sekarang saya mulai dikenal, saya yang membantu mereka. Nasihat selalu mereka berikan kepada saya,” ucap pemain River Plate itu seperti dilansir laman resmi FIFA, Jumat (10/11/2023).

Menurut Echeverri, salah satu nasihat yang kerap diberikan orang tuanya ialah membatas penggunaan sosial media. Hal itu menurutnya sangat penting bagi pemain muda yang masih memiliki karier panjang.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Tahan Ekuador 1-1

“Mereka menasihati saya, jangan (sering) menggunakna ponsel dan melihat media sosial. Ada suatu waktu, saya ingin selalu bermain medsos dan akhirnya saya konsultasi dengan psikolog mengenai hal itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, pemain yang mengidolakan Lionel Messi itu menyebut bahwa Argentina memiliki kans cukup baik di Piala Dunia U-17 2023. Meski ia akui bahwa tim lain di grup D, bukan lawan yang mudah.

“Kami menghadapi grup yang sangat rumit dan sangat sulit. Kami tahu bagaimana permainan Senegal, kami juga telah menonton video. Kami harus bisa memainkan permainan kami. Kami harus tahu apa yang kami lakukan dan menunjukan hal itu di lapangan,” tuturnya.

Prediksi Susunan 

Timnas Argentina U-17 (4-2-3-1) :
Kiper: Froilan Diaz, Jeremías Florentin, Franco Villalba.
Belakang: Ulises Gimenez, Agustin Obregon, Tobias Palacio, Juan Gimenez, Valente Pierani, Juan Manuel Villalba, Gonzalo Escudero, Axel Cabellos, Thiago Laplace.

Tengah: Mariano Gerez, Gustavo Albarracin, Valentino Acuna, Kevin Gutierrez, Franco Mastantuono.

Depan: Claudio Echeverri, Maher Carrizo, Felipe Rodriguez-Gentile, Agustín Ruberto, Mateo Sciancalepore, Santiago Lopez, Ian Subiabre, Alex Valdez Chamarro, Tomas Perez, Gianluca Prestianni.
Pelatih: Diego Placente.

Timnas Senegal U-17 (4-1-4-1) :
Kiper: Serigne Diouf, Macoura Mboup, Cheikh Bamba Fall.

Belakang: Mamadou Aliou Diallo, Serigne Fallou Diouf, Guy Felix Lima, Ibrahima Diallo, Modou Makhfouz Sene, Mamadou Lamine Ba Bandia, Lassane Traore.

Tengah: Ibrahima Sory Sow, Abdou Aziz Fall, Yaya Dieme, Fallou Fall, Abdou Salam Konate, Pierre Antoine Diatta Dorival, Ibrahima Gueye, Joseph Namatane.

Depan: Amara Diouf, Kalfara Camara, Omar Sall, Mamadou Lamine Sadio, Mame Mody Sy, Papa Alioune Ndiaye, Cherif Keba Niabaly, Mamadou Sawane.
Pelatih: Serigne Saliou Dia.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.