Dark/Light Mode

Bamsoet Jadi Dewan Pembina INAFF, Dukung Atlet Fudokan RI Berlaga di Serbia

Rabu, 15 November 2023 17:49 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kanan). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kanan). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dipercaya menjadi Ketua Dewan Pembina Indonesian Fudokan Federation (INAFF), induk organisasi cabang olahraga bela diri Fudokan di Indonesia, yang telah menjadi bagian dari World Fudokan Federation (WFF) yang berkedudukan di Serbia. Delapan atlet Fudokan Indonesia akan mengikuti event bergengsi dunia, 9th World Fudokan Karate Championship pada 20-26 November 2023, di Beigrade, Serbia.

“Di berbagai kejuaraan dunia sebelumnya, atlet Fudokan Indonesia sudah banyak yang mengharumkan nama bangsa. Antara lain, Heizmy Gurshyfa, atlet cilik Fudokan asal Purwakarta, yang berhasil meraih juara pada ajang European Fudokan Cup 2019 di gedung olahraga BB Arena, Praha 18," ujar Bamsoet, usai menerima pengurus INAFF, di Jakarta, Rabu (15/11).

Baca juga : Bamsoet Puji Kesuksesan Pelaksanaan Indonesian Drift Series 2023

Pengurus INAFF yang hadir antara lain, Ketua Umum Eben Heizer Sembiring, Wakil Ketua Joeslin Nasution, Sekretaris Jenderal Robi Cahyadi, Bendahara Umum Edy Junaedi, dan Ketua Bidang Hukum Arsyad.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, selain melakukan pembinaan terhadap para atlet, INAFF juga sedang mempersiapkan pembentukan Asia Fudokan Federation, yang diharapkan bisa berkantor di Indonesia. Sehingga bisa semakin memberikan country branding yang positif bagi Indonesia.

Baca juga : Relawan Pena Mas Dukung Ganjar Gotong Royong Dirikan Rumah Gerabah Di Purworejo

"INAFF juga mendukung langkah WFF yang sedang berjuang agar Fudokan bisa diperlombakan dalam ajang Olimpiade, dengan terlebih dahulu dipertandingkan sebagai eksibisi di Olimpiade Los Angeles, Amerika 2028, atau Olimpiade Brisbane Australia 2032," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, menekuni olahraga bela diri dengan jenis apa pun bisa memberikan banyak manfaat. Selain untuk pertahanan diri dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, olahraga bela diri juga bisa dijadikan sarana untuk menggapai kebugaran. Bela diri juga mengajarkan disiplin dan mengajarkan kepercayaan diri dengan tetap menghormati orang lain.

Baca juga : Bamsoet Dukung Peta Jalan Indonesia Emas 2045 Kadin Indonesia

"Tidak hanya memadukan aktivitas fisik dan seni, bela diri juga memadukan teknik untuk membela atau melindungi diri, dengan melibatkan olah batin. Hal lain yang perlu ditekankan, olahraga bela diri tidak hanya milik kaum pria, melainkan juga milik kaum wanita," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.