Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Belgia Lolos Pertama, Belanda Jaga Asa

Jumat, 11 Oktober 2019 05:07 WIB
Selebrasi pemain Belgia, Romelu Lukaku yang membobol dua gol ke gawang San Marino. Belgia lolos usai mengalahkan San Marino 9-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020. (Foto : Istimewa)
Selebrasi pemain Belgia, Romelu Lukaku yang membobol dua gol ke gawang San Marino. Belgia lolos usai mengalahkan San Marino 9-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim nasional Belgia pantas jumawa. Romelu Lukaku dkk  menjadi tim pertama yang  lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Sementara timnas Belanda masih di atas angin.

Belgia memastikan lolos setelah menghabisi tamunya, San Marino 9-0 di Stadion King Baudouin, Brussels, Jumat (11/10) dini hari tadi WIB.

Hasil itu membuat Belgia membukukan catatan sapu bersih kemenangan dalam tujuh pertandingan yang sudah dijalani. Belgia mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup I dengan koleksi 21 poin.

Baca juga : Rep Ceko Vs Inggris, Kane Cs Kutuk Rasisme

Lukaku dkk unggul 11 poin dari peringkat ketiga yakni Siprus dengan 10 poin. Sedangkan turnamen kualifikasi tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi untuk dijalani.

Belgia yang pada laga awal menang 4-0 atas San Marino, tampil dominan di kandang sendiri. Dengan statistik penguasaan bola 83 persen, Belgia sangat mendominasi permainan

Dua gol bunuh diri tercipta. Lainnya gol dilesakkan oleh Romelu Lukak. Pemain lain, Nacer Chadli, Youri Tielemans, Christian Benteke, Yari Verschaeren dan Timothy Castagne masing-masing menyumbang satu gol.

Baca juga : Kualifikasi Euro 2020, Oranje Menggebu

Hasil itu memastikan Belgia bakal tampil untuk keenam kalinya dalam putaran final Piala Eropa, meski prestasi terbaik mereka sejauh ini sebagai runner-up pada edisi 1980.

Sementara itu, Memphis Depay dan Frenkie de Jong menjadi penentu kemenangan Belanda vs Irlandia Utara di Stadion Feyenoord. Duel Belanda vs Irlandia Utara merupakan lanjutan pertandingan Grup C kualifikasi Piala Eropa. Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 3-1 untuk kemenangan De Oranje - julukan timnas Belanda.

Kemenangan ini mengantarkan timnas Belanda ke puncak klasemen Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan koleksi 12 poin dari lima laga. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.