Dark/Light Mode

PSSI Mau Wasit Indonesia Selevel Liga Inggris

Jumat, 16 Februari 2024 14:07 WIB
Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria. (Foto : ist)
Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI terus meningkatkan kualitas wasit agar bisa selevel dengan Liga Inggris. Salah satu yang dilakukan dengan menggelar perekrutan untuk penilai wasit baru musim kompetisi 2024/2025.  

Ada 20 calon penilai wasit yang ikut serta dalam kegiatan penerimaan penilai wasit baru. Mereka adalah mantan wasit dan asisten wasit yang biasa mengawal kompetisi laga internasional, seperti Oky Dwi Putra, Fariq Hitaba dan lain-lain.

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan PSSI memiliki target ke depannya harus bisa menyentuh standar dari Liga Primer Inggris.

Baca juga : Indonesia Memilih, Indonesia Menunggu

Untuk diketahui, hingga saat ini PSSI memiliki 26 orang penilai wasit yang aktif. Dan dengan adanya kegiatan ini akan semakin menambah jumlah dan kualitas dari para penilai wasit itu sendiri.

Kegiatan ini juga dipimpin langsung oleh Instruktur Wasit FIFA Mohamad Rodzali yang secara khusus diundang oleh PSSI untuk memberikan materi-materi, didampingi oleh Jimmy Napitupulu, Purwanto dan Agus Haryono.

Pembahasannya antara lain adalah mengenai pemahaman lebih dalam mengenai peraturan sepak bola dalam mengawal suatu pertandingan, hingga mengenai VAR.

Baca juga : Gathering Masyarakat Indonesia Meriahkan Pemilu Di KBRI Dhaka Bangladesh

Rodzali mengatakan para calon penilai wasit ini harus menjadi rekanan yang baik bagi para wasit yang bertugas. Mereka juga harus lebih memahami mengenai peraturan di sepak bola (Law of The Game) itu sendiri.

Fungsi dan tugas mereka sendiri adalah membantu wasit dan asisten wasit yang berada di lapangan, untuk nantinya saling berkoordinasi agar pertandingan sepak bola berjalan dengan baik.

Sebagai perwakilan dari FIFA, dia senang bisa membantu mengembangkan perwasitan negara-negara anggotanya.

Baca juga : Dubes Iran Mohammad Boroujerdi Doakan Pemilu Indonesia Lancar

Tes penerimaan calon penilai wasit ini terbagai menjadi dua, tes mengenai Teknologi Informasi dan tes Law of The Game.

Selain itu, pada 22-25 Februari 2024 ada kegiatan lain berupa latihan untuk para calon penilai wasit, untuk sistem perwasitan grup pertama, kemudian di pada 26-29 Februari 2024 untuk grup keduanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.