Dark/Light Mode

Gathering Masyarakat Indonesia Meriahkan Pemilu Di KBRI Dhaka Bangladesh

Sabtu, 10 Februari 2024 18:31 WIB
Warga Negara Indonesia WNI di Bangladesh menggunakan hak pilihnya di satu-satunya TPS di Bangladesh bernama TPS 001 Dhaka yang terletak di lobby KBRI Dhaka, Jumat (9/2/2024). (Foto: Ist)
Warga Negara Indonesia WNI di Bangladesh menggunakan hak pilihnya di satu-satunya TPS di Bangladesh bernama TPS 001 Dhaka yang terletak di lobby KBRI Dhaka, Jumat (9/2/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Negara Indonesia (WNI) di Bangladesh menggunakan hak pilihnya di satu-satunya TPS di Bangladesh bernama TPS 001 Dhaka yang terletak di lobby KBRI Dhaka, Jumat (9/2/2024).

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dhaka bertugas menampung seluruh pemilih Indonesia di Bangladesh dan Nepal dengan jumlah DPT-LN 379 pemilih, dengan rincian 348 DPT-LN di Bangladesh dan 31 DPT-LN di Nepal.

Panitia hanya diberikan tambahan 2 persen surat suara. Dengan demikian, jumlah surat suara yang diterima berjumlah 388.

 PPLN Dhaka, menggunakan 2 (dua) metode pemungutan suara, yaitu pemilihan melalui pengiriman pos dan pemilihan langsung di TPS 001 Dhaka di KBRI Dhaka. PPLN Dhaka mengirimkan total 223 surat suara melalui pengiriman pos kepada DPT-LN di Bangladesh dan Nepal.

Baca juga : Garda Matahari Ajak Generasi Z Jadi Pemilih Rasional

PPLN Dhaka mencatatkan total 156 DPT yang berhak memberikan hak pilihnya langsung di TPS 001 Dhaka. Selain pemilih tetap, TPS juga dibuka bagi pemilih yang memenuhi syarat sebagai DPTb-LN dan DPK-LN.

Di TPS 001 Dhaka, para WNI yang termasuk dalam DPT-LN antusias untuk hadir lebih awal untuk memilih. Hingga siang hari hingga pukul 13.00 waktu setempat, sekitar 75 persen pemilih tetap telah memberikan hak suaranya.

Ketua PPLN Dhaka Riky Sofyan menyampaikan, seluruh tim berterima kasih atas dukungan luar biasa dari Duta Besar RI, H.E. Heru Hartanto Subolo yang telah menyelenggarakan program Bazaar Indonesia dan Gathering Masyarakat Indonesia pada Pesta Demokrasi” pada hari yang sama. Berbagai macam kuliner, produk, dan kerajinan khas Indonesia ditawarkan oleh diaspora Indonesia.

Ditambah lagi, penampilan spesial dari diaspora Indonesia semakin menyemarakkan kemeriahan.

Baca juga : Perpusnas Kampanyekan "Ayo, Membacakan Nyaring"

“Program hiburan dan silaturahmi ini telah menarik lebih banyak WNI di Bangladesh untuk mengunjungi KBRI di mana tempat TPS 001 Dhaka berada,” kaya Heru dalam keterangannya, Sabtu (10/2/2024).

Director of South Asia Wing Shu Dana Ekram Chowdhury ikut Kementerian Luar Negeri hadir sebagai pengamat mewakili Pemerintah Bangladesh.

Pada pemungutan suara yang dibuka selama 10 (sepuluh) jam, yakni mulai 09.10 hingga 19.10 waktu setempat (9/2/2024) TPS 001 Dhaka telah menampung 123 pemilih tetap, 38 pemilih tambahan, dan 13 pemilih khusus.

 Panitia Pemilihan Luar Negeri Dhaka, mampu mengakomodasi para pemilih tersebut dengan menggunakan surat suara Return to Sender (RTS) yang telah dikembalikan ke sekretariat PPLN Dhaka.

Baca juga : Menteri Nadiem Dukung Program Sekolah Jurnalisme Indonesia Dan Praktisi Mengajar

 Hingga saat ini, surat suara yang tercoblos dari metode pos sebanyak 183 surat suara dan metode TPS sebanyak 174. Total surat suara tercoblos sampai hari ini 357. Surat suara yg diterima 388. Dengan demikian, sudah 92 persen total surat suara yang dicoblos berdasarkan seluruh surat suara dari KPU dan 95 persen surat suara tercoblos berdasarkan DPT. 

“PPLN Dhaka masih menunggu sisa 6 (enam) surat suara yg belum kembali dari metode pos sampai tgl 13 februari 2024,” kata Heru.

Setelah pemungutan suara selesai, seluruh surat suara disimpan dalam kotak tertutup di tempat steril yang diawasi kamera keamanan. Penghitungan suara akan dilakukan pada tanggal 14 Februari 2024 pukul 13.00 untuk metode TPS bersamaan dengan penghitungan suara di Indonesia, sedangkan penghitungan suara metode pos akan dilakukan pada tanggal 15 Februari 2024 sampai dengan tanggal 22 Februari. Tahun 2024 disesuaikan dengan syarat pengembalian seluruh surat suara dari pemilih 100 persen.

Seluruh proses pemilu luar negeri diawasi oleh Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu) Dhaka. Sementara itu, proses pemungutan suara melalui 'TPS 001 Dhaka' juga diawasi dan disaksikan oleh Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (PTPSLN). Panwaslu dan PTPSLN memastikan agar pemilu di Bangladesh dan Nepal telah dilakukan dengan yang adil, transparan, dan sesuai dengan standard prosedur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.