Dark/Light Mode

Angkat Disertasi Bisnis Olahraga, Uden Kusuma Wijaya Raih Gelar Doktor Ilmu Sosial UI

Senin, 19 Februari 2024 21:01 WIB
Tenaga Ahli Kemenpora, Uden Kusuma Wijaya, menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial, Universitas Indonesia, di Gedung Rektorat UI Salemba, Jakarta, Senin (19/2).
Tenaga Ahli Kemenpora, Uden Kusuma Wijaya, menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial, Universitas Indonesia, di Gedung Rektorat UI Salemba, Jakarta, Senin (19/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Uden Kusuma Wijaya, menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial, Universitas Indonesia (UI), di Gedung Rektorat UI Salemba, Jakarta, Senin (19/2). Uden mengangkat disertasi dengan judul “Ekosistem Olahraga Indonesia sebagai Arena Sosial: Studi atas Liga Sepak Bola di Indonesia”.

Dalam paparannya, Uden menyatakan, prospek marketing liga sepak bola Indonesia sangat besar. Sayangnya, selama ini potensi tersebut belum termaksimalkan menjadi praktik bisnis olahraga dengan baik.

Baca juga : Pengamat: Program Olahraga Bang Zaki Layak Diadopsi Nasional

Menurutnya, tata kelola liga sepakbola Indonesia harus dijalankan sebagai industri olahraga yang saling menguntungkan. “Bisnis olahraga harus memikirkan keberlanjutan dan tidak harus mengandalkan figur,” ujarnya.

Uden menambahkan, sepak bola memiliki potensi bisnis yang besar karena hampir 70 persen populasi penduduk Indonesia menyukai olahraga si kulit bundar ini. Potensi ini belum tergarap maksimal karena tidak didukung ilmu sport marketing yang benar. “Nilai pasar sepak bola Indonesia yang besar semestinya menjadi produk bisnis yang besar,” ungkapnya.

Baca juga : Dave Laksono Berhasil Raih Gelar Doktor Ilmu Pertahanan Unhan

Mantan Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta itu juga menyoroti perlunya dukungan kebijakan Undang-Undang yang berpihak pada pelaku bisnis sepak bola seperti pemilik klub.

Dalam sidang promosi doktornya, Uden dinyatakan lulus dengan disertasi kajian stratejik dan global tentang ekosistem industri olahraga Indonesia, sebagai arena studi atas liga sepak bola Indonesia.

Baca juga : Cetak Pimpinan Kehumasan, LSPR Institute Buka Kelas Doktoral Ilmu Komunikasi

“Bidang ini sangat penting bagi industri olahraga, saya yang secara akademis menjadi orang pertama, saya melihat ada sebuah peluang untuk membesarkannya,” tutur Uden.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.