Dark/Light Mode

Liga Champions

PSV Vs Borussia Dortmund, Kemenangan Jadi Modal Utama

Selasa, 20 Februari 2024 05:43 WIB
Para pemain Borussia Dortmund. (Foto : Ist)
Para pemain Borussia Dortmund. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSV Eindhoven bakal melakoni laga berat di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, yaitu menjamu Borussia Dortmund. Duel yang digelar di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda ini akan berjalan sengit.

Bagi PSV, bermain di kandang menjadi hal krusial di fase knockout Liga Champion. Apalagi jika berstatus tuan rumah di laga pertama. Kemenangan menjadi hal wajib bagi PSV sebelum away ke Dortmund di laga kedua.

Tentu untuk mengalahkan Dortmund tidaklah mudah. Wakil Jerman itu memiliki mental petarunga dan teruji.

Terbukti, Dortmund lolos dari grup neraka yang dihuni PSG, AC Milan, dan Newcastle United. Dortmund sangat tangguh di Grup F saat menjadi juara grup.

Mereka hanya sekali mengalami kekalahan yakni saat bertandang ke markas PSG di matchday 1. Tapi di dua laga tandang lain, BVB sangat perkasa.

Baca juga : Ketum AMPI Jerry: Kemenangan Prabowo-Gibran, Kemenangan Anak Muda Nusantara

Newcastle bisa ditaklukkan 0-1 di St.James’ Park dan AC Milan dikalahkan 1-3 di San Siro. Artinya secara mental, tidak ada yang perlu diragukan dari skuad asuhan Edin Terzić jelang pertandingan nanti.

“Kami harus bermain lebih baik lagi di Eindhoven dan di Hoffenheim (jadwal Liga Jerman akhir pekan mendatang),” ujar bek Dortmund, Nico Schlotterbeck.

Hal yang membuat kubu Dortmund harus waspada adalah PSV belum terkalahkan di Liga Belanda musim ini. Memang, secara keseluruhan mereka sudah dua kali kalah.

Tepatnya saat kalah 4-0 dari Arsenal di UCL dan 1-0 dari Feyenoord di KNVB Beker atau Piala Belanda. Tapi dua kekalahan itupun tidak terjadi di kandang sendiri.

Musim ini dari 17 laga kandang di seluruh kompetisi, PSV tidak terkalahkan. Mereka sanggup meraih hasil 15 kemenangan dan dua imbang saat menjamu Arsenal dan Sevilla.

Baca juga : Athletic Bilbao Vs Girona, Kemenangan Harga Mati

PSV juga dalam tren positif jelang laga ini berupa dua kemenangan beruntun atas Volendam dan Heracles dalam lanjutan Liga Belanda.

Tentunya secara mood, anak asuh Peter Bosz akan sangat siap menjalani laga ini dan meraih modal bagus sebelum bertandang ke markas Dortmund di Signal Iduna Park pada 14 Maret nanti.

PSV diperkirakan akan kembali bertumpu pada sosok Luuk de Jong di laga ini. Sang striker merupakan top skor PSV di UCL musim ini dengan raihan dua gol.

Pemain lain seperti Hirving Lozano dan Ricardo Pepi juga bisa menjadi ancaman bagi Dortmund. Tim tamu kemungkinan akan berharap lagi pada Niclas Füllkrug.

Enam gol dan dua asist dari lima laga terakhir rasanya membuat Terzić tidak boleh mengistirahatkan sang striker di laga ini.

Baca juga : Omelan Enrique Berbuah Kemenangan PSG

Pelatih PSV Peter Bosz puas dengan kinerja timnya sejauh ini. Ia mengatakan menang 2-0 atas Heracles Almelo menjadi bekal bagus bagi timnya untuk bertemu Dortmund nanti.

“Saya pikir bagus kalau kami menciptakan banyak peluang. Dalam beberapa hal, sayang sekali kami tidak mencetak lebih banyak gol. Namun yang paling penting adalah kami mampu menghadapi hari Selasa dengan cara yang baik, kami berhasil melakukannya,” kata Bosz mengutip laman resmi klub.

Bosz memandang Selasa nanti merupakan pertandingan yang harus dimenangkan untuk mempertahankan sejumlah rekor klub. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.