Dark/Light Mode

Napoli Vs Barcelona, Partenopei Tunggu Gebrakan Pelatih Baru

Rabu, 21 Februari 2024 06:40 WIB
Francesco Calzona. (Foto: Twitter/X Napoli)
Francesco Calzona. (Foto: Twitter/X Napoli)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musim ini menjadi musim yang berat bagi juara Serie-A Italia, Napoli. Pasalnya, penampilan Partenopei se­dang mendapat cobaan baik di level domestik maupun internasional.

Penampilan buruk Napoli membuat Pelatih Walter Mazzarri lengser dari posisinya. Alhasil, Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis menunjuk Francesco Calzona. Sosok tersebut menjadi pelatih ketiga Partenopei musim ini setelah Rudi Garcia dan Mazzarri.

Tentu ini bukan hal ideal bagi Partenopei jelang menghadapi klub raksasa Spanyol, Barcelona di Stadio Diego Armando Maradona, Naples pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Berbalik dengan tuan rumah, Barcelona datang dengan kon­disi bagus.

Blaugrana bermodalkan kemenangan 1-2 di kandang Celta Vigo. Penyerang Robert Lewandowski juga sedang on fire karena bisa mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan terakhir.

Baca juga : Baru 3 Bulan Ngelatih, Mazzarri Langsung Digusur

Situasi itu tentu menunjuk­kan kondisi tim yang sedang tidak baik-baik saja. Sebagai juara bertahan Liga Italia, per­forma Napoli memang payah. Partenopei saat ini duduk di peringkat sembilan klasemen Liga Italia dengan 36 poin. Asa untuk mempertahankan gelar juara Serie A layak dikubur karena Napoli tertinggal 27 poin dari Inter sang pemuncak kompetisi.

Calzona diharapkan bisa mem­perbaiki semuanya. Modalnya cukup bagus karena dia bagian dari tim kepelatihan Maurizio Sarri dan Luciano Spalletti di Napoli. Artinya, Calzona juga berjasa dalam keberhasilan Napoli meraih scudetto musim lalu bersama Spalletti.

Calzona diperkirakan bakal kembali memainkan cara ber­main seperti di era Spalletti. Oleh karenanya, peranan penting pemain seperti Matteo Politano, Khvicha Kvaratskhelia, dan Victor Osimhen akan menjadi krusial di laga ini.

Sementara, Napoli harus waspada pada sosok Robert Lewandowski. Ketajamannya mulai kembali konsisten setelah mengemas empat gol dari tiga laga terakhir. Lewandowski juga memborong dua gol kemenan­gan Barca di markas Celta.

Baca juga : Filipina Bangun Aliansi Keamanan Dengan AS

Sedangkan Barcelona yang dalam tren positif bakal me­manfaatkan kondisi labil Napoli. Pencapaian di kompetisi Eropa menjadi misi sang Pelatih Xavi Hernandez yang tak ingin akhir jabatannya dikenang buruk lantaran di domestik Barca kedodoran dan sulit untuk mem­pertahankan gelar La Liga.

Peluang nyata terakhir Xavi untuk meraih trofi musim ini tersisa di Liga Champions. Pasalnya, Barca sudah kalah di Piala Super Spanyol dan tersing­kir dari Copa del Rey. Adapun Xavi sudah mengumumkan akan menanggalkan jabatannya di akhir musim. Di La Liga situas­inya sulit karena mereka terpaut delapan poin dari pemimpin klasemen Real Madrid.

Terakhir kali tim Catalunya itu berhasil berjaya di Liga Champions pada 2015 ketika Xavi mengangkat trofi sebagai pemain. Dalam dua musim terakhir, Barcelona menorehkan catatan buruk gagal lolos dari babak grup.

Sejak pengumumannya untuk melepaskan kursi pelatih di akhir musim, Barca mulai bangkit menang tiga pertandingan dan satu kali seri meski penampilan mereka dinilai belum menge­sankan.

Baca juga : Terdakwa Markus Ngaku Pernah Dikerjain Markus

“Setelah keputusan itu, kami mendapat 10 poin dari (potensi) 12 poin, saya rasa itu berjalan dengan baik,” kata Xavi.

Para pemain Barcelona juga sadar kini hanya Liga Champions yang menawarkan mereka kes­empatan.

Sang striker Robert Lewandowski mulai menemukan performa terbaiknya di momen krusial musim ini. Dia sanggup mencetak empat gol dalam tiga pertandingan terakhir.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 21 Februari 2024 dengan judul Napoli Vs Barcelona, Partenopei Tunggu Gebrakan Pelatih Baru

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.