Dark/Light Mode

Olimpiade Paris 2024, Fajar Waspada Badai Cedera

Jumat, 23 Februari 2024 05:35 WIB
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto : Ist)
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aj­ang Olimpiade 2024 Paris semakin dekat. Pebulutangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mewaspadai badai cedera.

Fajar menyebut, masalah cedera paling krusial bagi para atlet. Dia mengaku, akan secara maksimal menjaga kondisi fisik.

“Cedera itu musuh para atlet, itu yang harus dijaga dan jangan sampai sakit,” kata Fajar kepada pewarta, saat ditemui di Pelatnas Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI), Cipayung, Jakarta, Kamis (22/2).

Saat ini, Fajar berusaha menjaga diri, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengelola moodnya. Jangan sampai terkena penyakit yang belakangan makin mudah menginfeksi.

Baca juga : R Haidar Alwi Ajak Masyarakat Waspadai Propaganda Pemilu Curang

“Kan sekarang juga banyak ada yang flu dan lain-lain lah, jangan sampai itu terjadi. Soal mood, harus dijaga bagaimana supaya tetap bagus,” ucapnya.

Fajar diketahui memiliki riwayat cedera pinggang. Cedera itu pun sempat beberapa memengaruhi penampilannya di sejumlah turnamen musim lalu. Beruntung, sejak World Tour Final Finals (2023) sudah lebih baik, dan tidak merasakannya lagi.

“Semoga ya kedepannya terus membaik dan bisa menampilkan yang terbaik di setiap event,” tuturnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini masih menjalani terapi dari pelatih fisik dan fisioterapi. Salah satu yang dilakukannya adalah, terapi di kolam renang dengan program tambahan.

Baca juga : Thailand Masters 2024, Garuda Pulang Tangan Kosong

“Itu bagian dari fisik juga, dari Senin sampai Jumat tensi latihannya kita sangat tinggi dan ditutup di hari Jumat sore dengan berenang,” terangnya.

Bersama Muhammad Rian Ardianto, Fajar kini menjadi ganda putra yang kansnya paling besar main di Paris. Dia berada di peringkat ke-8 daftar kualifikasi Race to Olympic.

Dua pasangan Indonesia lainnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masih berusaha mengejar.

Bagas/Fikri berada di peringkat ke-10 dengan selisih poin dari Fajar/ Rian 5.350, disusul Leo/Daniel di urutan ke-11 dengan selisih 10.804 poin.

Baca juga : Gerindra Utamakan Kader Dari Internal

Saat ini, Fajar/Rian masih menyisakan sejumlah turnamen yang memperebutkan poin Olimpiade 2024. Dari enam yang tersisa hingga penutupan perhitungan poin pada 28 April, Fajar/Rian akan mengikuti tiga turnamen besar.

Yaitu French Open (level 750), All England (1000), serta Kejuaraan Asia (1000). Ketatnya jadwal dan perhitungan poin yang dilakukan, bahkan menjelang Olimpiade Paris 27 Juli hingga 5 Agustus nanti, praktis membuat Fajar/ Rian harus berhati-hati dalam mempersiapkan diri mereka.

Tak hanya saat Olimpiade, tapi juga saat mengikuti rangkaian menuju ajang olahraga multievent terbesar sejagat raya itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.