Dark/Light Mode

Andi Bachtiar Yusuf Terpilih sebagai Anggota Exco AFMC

Minggu, 25 Februari 2024 21:02 WIB
Andi Bachtiar Yusuf  (depan kanan). (Foto: Istimewa)
Andi Bachtiar Yusuf (depan kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Federasi Minifootball Indonesia Andi Bachtiar Yusuf terpilih menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) Asian Minifootball Confederation (AFMC), dalam kongres yang diselenggarakan di Bangkok, Minggu (25/2). Dalam kongres ini, mantan anggota Exco FIFA Datuk Warowi Makudi terpilih sebagai Presiden AFMC.

Warowi lalu menunjuk mantan Sekjen AFC Alex Soosay untuk menjadi Sekjen AFMC. Sedangkan tokoh senior sepak bola dari Malaysia Yap Nyim Keong terpilih sebagai Wakil Presiden.

Andi Yusuf Bachtiar terpilih sebagai anggota Exco bersama wakil dari Taiwan, Irak, Qatar, dan Bahrain. Kongres juga menyetujui perpindahan Kantor Pusat AMFC dari Riyadh, Saudi Arabia, ke Bangkok, Thailand.

Baca juga : Aryo Djojohadikusumo Terpilih Aklamasi sebagai Ketua Umum Pordasi DKI

"Dengan menjadikan Bangkok sebagai markas AFMC, kami akan menjadikan Asia Tenggara menjadi epicentrum perkembangan minifootball dunia," ujar Warowi.

Warowi mengatakan, dia dan beberapa tokoh sepak bola Asia Tenggara punya pengalaman bagaimana membangun kompetisi dan turnamen di kawasan ini. Seperti Piala Tiger yang beberapa kali berganti nama title sponsor, kini sudah mampu meraup nilai komersial mencapai 38 juta dolar AS.

"Saya optimistis, nilai komersial minifootball besar, karena minat masyarakat untuk bermain cabang olahraga baru ini juga makin tinggi, terutama di kawasan ini (Asia Tenggara)," kata Warowi.

Baca juga : Petani Kendari Titip Pesan Ke Ganjar, Kalau Terpilih Berantas Korupsi

Minifootball mirip dengan sepak bola. Di Indonesia, banyak orang merasa sedang bermain sepak bola padahal ia sedang bermain minifootball. Minifootball dimainkan di lapangan dengan ukuran lebih kecil dengan jumlah pemain lebih sedikit.

Indonesia adalah bagian dari keluarga besar minifootball sejak 2016. Walau belum pernah terlibat dalam kegiatan internasional yang bersifat resmi, tapi Indonesia dipahami banyak negara sebagai salah satu pelaku aktif minifootball.

"Diminta menjadi anggota Komite Eksekutif di badan tertinggi Minifootball Asia (AMFC) membuat saya yakin tak hanya perkembangan minifootball akan melesat di Tanah Air, partisipasi aktif Indonesia juga berpeluang menjadi lebih besar. Kita pernah mengalahkan dua negara tetangga saat berujicoba di awal berdiri. Kini, terpilihnya Warowi Makudi sebagai Presiden AMFC memberi harapan besar pada perkembangan dan aktivasi berbagai kegiatan minifootball di berbagai level," ujar Andi Yusuf Bachtiar.

Baca juga : Alasan Ganjar Lanjutkan IKN dan Hilirisasi Jika Terpilih Sebagai Presiden

"Saya yakin, penunjukan serta keterlibatan saya memiliki potensi kemajuan bagi prestasi Minifootball Indonesia di kancah internasional. Potensi dan kegilaan bangsa Indonesia pada sepak bola adalah landasan penting dari kepercayaan itu. Semoga Indonesia mendukung saya, seperti bagaimana Asia mempercayai saya saat ini," tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.