Dark/Light Mode

Liga Champions

Borussia Dortmund Vs Eindhoven, Duel Sengit Di Signal Iduna Park

Rabu, 13 Maret 2024 05:59 WIB
Para pemain Borussia Dortmund. (Foto : Ist)
Para pemain Borussia Dortmund. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub raksasa Jerman, Borussia Dortmund, akan menjamu wakil Belanda PSV Eindhoven pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Signal Iduna Park, Kamis (14/3) dini hari nanti.

Laga ini diprediksi sengit, meski tim tuan rumah lebih diunggulkan. Prediksi bakal sengitnya laga ini lantaran kedua tim harus memetik kemenangan untuk memastikan tiket ke babak delapan besar. Sebab, pada leg pertama di Stadion Philips (20/2) lalu, keduanya hanya memetik hasil imbang dengan skor 1-1.

Saat itu, Dortmund awalnya unggul lewat gol Donyall Malen di menit ke-24, namun disamakan Luuk de Jong lewat titik penalti pada menit 56.

Hasil ini membuat kedua tim diwajibkan menang untuk memastikan tiket ke babak delapan besar. Jika melihat statistik dan faktor tuan rumah, Dortmund lebih diunggulkan karena tengah on fire usai memetik dua kemenangan beruntun di Bundesliga.

Baca juga : Atletico Madrid Vs Inter Milan, Demi Bonus Rp 34 Miliar

Pertama, tim asuhan Edin Terzic itumenang 2-0 atas Union Berlin, dan kedua menang 2-1 atas Werder Bremen meski hanya bermain dengan 10 pemain.

Namun, kedua kemenangan itu tetap membuat Dortmund menempati peringkat keempat klasemen Bundesliga, atau hanya unggul satu poin dari RB Leipzig yang menempati posisi kelima.

Selanjutnya, Dortmund akan kembali mencoba keberuntungan di pentas Liga Champion melawan klub wakil Belanda, PSV Eindhoven.

Harapan tim asal Jerman itu lolos pun tergolong lebih besar ketimbang PSV. Faktornya akan bermain di kandang sendiri, yang tentunya bakal mendapat dukungan moral dari para fans.

Baca juga : Arsenal Vs FC Porto, Saatnya Meriam London Meledak

Namun, catatan itu tentu tidak membuat Dortmund mudah meraih kemenangan. Kekuatan PSV tetap wajib mereka waspadai karena juga tengah onfire usai memetik tujuh angka dari tiga laga terakhir di liga domestik.

Pertama, tim besutan Peter Bosz menang telak 7-1 di PEC Zwolle, bermain imbang 2-2 di kandang Feyenoord, dan meraih kemenangan tipis 1-0 atas Go Ahead Eagles.

Rentetan hasil itu membuat PSV makin kokoh di puncak klasemen dengan 62 poin dari 22 pertandingan, atau unggul 10 poin dari Feyenoord yang berada di posisi kedua. Bagi PSV, catatan itu menjadi prestasi luar biasa.

Pasalnya, sampai saat ini belum ada klub di liga elite Eropa lain yang memiliki catatan secemerlang tim besutan Peter Bosz tersebut. Padahal, Peter baru diangkat menjadi juru taktik PSV Eindhoven pada Juli 2023.

Baca juga : Bekuk Lazio, Kane Antar Muenchen Lolos Ke Perempat Final

Dia menggantikan Ruud van Nistelrooy yang gagal membawa Boeren bersinar. Pelatih Borussia Dortmund Edin Terzic senang timnya bisa meraih kemenangan.

Menurutnya, kemenangan adalah harga mati karena penting bagi Dortmund untuk menjaga jarak dengan rival-rivalnya. “Sangat penting bagi kami kembali dari Bremen dengan kemenangan. Kami sangat percaya diri,” ujar Edin Terzic di situs resmi klub.

“Mereka tampak solid di belakang dan bisa menahan lawan dari gawang mereka berkat formasi yang rapat dan pertahanan yang antusias,” katanya.

Sementara, PSV Eindhoven menunjuk pelatih baru setelah kontrak Roger Schmidt habis pada musim panas 2022. Ruud van Nistelrooy dipilih menjadi pelatih. Performa tim sejatinya cukup stabil berkat adanya para pemain baru. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.