Dark/Light Mode

Jelang Laga Melawan Vietnam

STY Dinilai Ogah-Ogahan, Founder Football Institute: Saatnya PSSI Tegas

Sabtu, 16 Maret 2024 11:01 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: Instagram)
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Founder Football Institute Budi Setiawan menyayangkan sikap pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY), yang terkesan kurang antusias mempersiapkan tim Merah Putih, dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam, pada 21 Maret mendatang.

Menurut Budi, PSSI justru lebih aktif mempersiapkan timnas, ketimbang STY yang merupakan arsitek Tim Garuda.

"Kelihatan memang, PSSI yang sangat aktif mempersiapkan timnas untuk mengalahkan Vietnam, dalam dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara STY, kalau kita lihat pertanyaannya, justru tidak yakin timnas bisa berbuat banyak," ujar Budi dalam keterangan resminya, Sabtu (16/3/2024).

Baca juga : Jelang Laga Melawan Vietnam, Pengamat Minta GBK Perhatikan Kualitas Rumput

Budi berpendapat, PSSI begitu niat mempersiapkan pemain naturalisasi Thom Haye dan Jay Idzes.

PSSI melalui Ketua Umum Erick Thohir, dinilai sudah bekerja keras menyiapkan pemain untuk timnas Indonesia. Termasuk, para pemain naturalisasi. Saking memburu waktu, proses ambil sumpah Nathan Tjoe-A-On menjadi WNI dilangsungkan pada malam hari.

"Naturalisasi (sumpah WNI) tengah malam itu menunjukkan bahwa PSSI via Ketua Umum Erick Thohir kerja keras sekali. Setelah Nathan, ada tiga pemain lain yang akan menyusul untuk pengambilan sumpah," papar Budi.

Baca juga : Relawan Ganjar Milenial Jatim Gelar Latihan Servis Motor Untuk Pemuda

Dia bilang, STY selalu punya alasan, setiap kali timnas Indonesia bertanding. Berbeda dengan PSSI, yang mempersiapkan tim dengan sedemikian rupa, STY justru tampak malas-malasan.

"STY selalu alasan setiap kali bertanding. Kali ini, alasannya adalah penerbangan yang panjang dari Eropa. Ayolah, kamu itu kan pelatih kelas dunia, masak tidak punya strategi mengatasi hal itu," ujar Budi.

Budi berpandangan, sudah saatnya PSSI tegas pada STY. Terlebih, menurutnya, Erick terlalu baik dan memanjakan sosok asal Korea Selatan itu.

Baca juga : Dengan Layar dan Chipset Besar, Galaxy Z Fold5 Beri Pengalaman Impresif Saat Main Game

"Kalau STY tidak serius menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Indonesia, khususnya di sisa laga melawan Vietnam, Filipina, dan Irak, PSSI harus menunjukkan ketegasan," tandas Budi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.