Dark/Light Mode

Jelang Laga Kedua Indonesia Vs Vietnam

Tim Garuda Siap Akhiri Kutukan

Sabtu, 23 Maret 2024 06:40 WIB
Selebrasi pemain timnas Indonesia saat menaklukkan Vietnam. (Foto: Istimewa)
Selebrasi pemain timnas Indonesia saat menaklukkan Vietnam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 1-0 di leg pertama lanjutan Gruf F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi modal semangat di laga tandang. Tim Garuda akan melakoni laga tandang di markas Vietnam di My Ding National Stadium, Hanoi, 26 Maret, mendatang.

Di markas Vietnam, Indonesia punya catatan gelap, yaitu be­lum pernah memetik kemenan­gan dalam 20 tahun terakhir. Maka tidak heran, tim asuhan Shin Tae-yong (STY) bertekad mengakhiri kutukan tersebut. Adapun, kemenangan terakhir Indonesia di kandang Vietnam terjadi pada 2004, tepatnya ketika Indonesia menang 3-0 di Piala AFF 2004.

“Tim Indonesia memang tak pernah menang di Hanoi, kalau begitu sekarang saya akan mem­buktikan bahwa kita akan menang di Hanoi,” kata STY dalam jumpa pers kemenangan timnas.

Baca juga : Aldila Dan Kato Melaju Mulus

Di leg pertama Indonesia vs Vietnam yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis (21/3/2024), skuad Garuda sukses memetik kemenangan. Anak asuh Shin Tae-yong menang 1-0 lewat gol tunggal Egy Maulana Vikri.

Kemenangan atas Vietnam di GBK memberi modal penting bagi Merah Putih di gelaran kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, setelah tandang ke Vietnam, Timnas Indonesia akan bersua dengan Irak pada 6 Juni, dan Filipina pada 11 Juni 2024 mendatang untuk mem­buka peluang lolos ke babak selanjutnya.

Striker Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan optimistis timnya bisa meraih poin saat melawan tuan rumah Vietnam. Marselino mengatakan Indonesia punya catatan kurang baik di sana karena kalah 0-2 dari Vietnam dalam semifinal Piala AFF 2022 . Jadi, timnya tidak boleh mengu­lang hal tersebut.

Baca juga : Selesai Dibangun, Belum Sempat Beroperasi

“Ya, kalian semua tahu pada Piala AFF 2022 di Hanoi, me­mang kami kejebolan cepat karena kurang fokus. Jadi, kami antisipasi,” ucap Marselino.

Pemain KMSK Deinze itu mengatakan saat ini timnya harus yakin dapat mengalahkan Vietnam di sana. Hal itu harus dita­namkan dalam diri setiap pemain Timnas Indonesia. “Kami sudah ngobrol. Kamu mengubah mind­set bahwa main di Hanoi tidak sesulit itu,” katanya.

Marselino mengatakan, Timnas Indonesia akan berjuang habis-habis sepanjang 90 menit permainan melawan Vietnam. Namun, paling terpenting tim harus menyiapkan diri dengan baik memaksimalkan waktu yang ada. “Intinya kami yakin bisa meraih hasil bagus,” ucap­nya. Saat ini Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen dengan empat poin. Sementara itu, Vietnam di posisi ketiga dengan tiga poin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.