Dark/Light Mode

Tumbangkan Korsel, Masuk Semifinal, Garuda Muda Luar Biasa!

Sabtu, 27 April 2024 08:14 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-23 bersama Pelatih Shin Tae-yong merayakan kemenangan usai mengalahkan Korea Selatan dalam perempat final Piala Asia U-23 2024, di Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari.
Pemain Timnas Indonesia U-23 bersama Pelatih Shin Tae-yong merayakan kemenangan usai mengalahkan Korea Selatan dalam perempat final Piala Asia U-23 2024, di Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari.

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari. Tim Garuda Muda menang setelah pertarungan sengit selama 120 menit yang berakhir imbang 2-2, kemudian dilanjutkan dengan adu penalti yang dramatis dan epik, dengan skor akhir 11-10. Kemenangan ini membuat peluang Indonesia untuk berlaga di Olimpiade Paris semakin besar dan mengukir sejarah baru. Sungguh, Garuda Muda memang luar biasa.

Pertandingan antara Indonesia dan Korea Selatan berlangsung sengit sejak awal hingga akhir. Kedua tim saling jual beli serangan. Saking sengitnya duel tersebut, sejumlah media asing menyebut sebagai laga perempat final paling dramatis dalam sejarah Piala Asia U-23.

Garuda muda sempat unggul dua kali di babak pertama berkat dwigol yang dicetak Rafael Struick pada menit ke-15 dan di penghujung babak pertama. Namun, Korsel berhasil menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Komang Teguh Trisnanda dan gol dari Jeong Sang-bin, pemain pengganti, pada menit ke-84.

Indonesia mendapat keuntungan jumlah pemain setelah Lee Young-jun diusir wasit karena melakukan pelanggaran keras terhadap Hubner di menit ke-70. Namun, Garuda Muda gagal memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menambah gol. Malah, Korea Selatan justru meningkatkan intensitas tekanan yang membuat Timnas kedodoran di penghujung laga. Serangan balik yang cepat dari Korea Selatan membuat gawang yang dijaga Ernando Ari bergetar.

Skor imbang 2-2 pada waktu normal memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Selama 2x15 menit di babak tersebut, skor tetap imbang. Kedua tim tak berhasil menambah gol. Akibatnya, pertandingan berlanjut ke babak adu penalti yang tegang dan mendebarkan.

Baca juga : Golkar Dan PAN Buka Pintu Lebar, Jokowi Jadi Rebutan

Dalam babak penalti, adu keahlian antar kiper berlangsung hingga 12 penendang. Indonesia berhasil menang adu penalti dengan skor 11-10. Pratama Arhan menjadi pahlawan dengan tendangan penentu yang memastikan kemenangan untuk Indonesia.

Kemenangan Timnas U-23 Indonesia disambut penuh antusias publik di Tanah Air. Presiden Jokowi segera memberikan ucapan selamat kepada tim yang berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia AFC U-23, sebuah pencapaian bersejarah bagi tim tersebut.

"Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mencapai babak semifinal di turnamen ini. ini sangat bersejarah!" tulis Jokowi, dalam sebuah unggahan di akun Instagramnya, @jokowi, Jumat (26/4).

Kepala Negara memuji semangat, mental, dan permainan tim Garuda Muda yang menurutnya sangat membanggakan. "Ini adalah prestasi luar biasa dari Tim Nasional Sepak Bola U-23 Indonesia yang berhasil mengalahkan Korea Selatan di perempat final," tambahnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mendoakan agar Rafael Struick dan rekan-rekan dapat terus mencetak sejarah dan berpotensi lolos ke Olimpiade Paris 2024. "Semoga di babak semifinal, Indonesia dapat memanfaatkan setiap peluang dengan sebaik-baiknya dan meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. Teruslah bersemangat, Timnas Indonesia!" serunya.

Baca juga : Oleh PSI Dan PDIP, Pemilu Tertutup Dihidupkan Lagi

Wapres KH Ma’ruf Amin mengungkapkan kegembiraan dan harapan agar Timnas Indonesia juga dapat meraih kemenangan di babak semifinal mendatang. Kiai Ma'ruf mengatakan, masih banyak pihak yang meragukan kemampuan Timnas. Namun, ia tetap optimis, mengingat tim asuhan pelatih Shin Tae Yong sudah banyak mengalahkan tim unggulan.

"Jika kita bermain dengan konsistensi, percaya diri, penuh semangat, dan pantang menyerah, kita bisa mengalahkannya. Dan itu sudah terbukti,” tambahnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan rasa syukur dan kebanggaannya atas pencapaian Timnas Garuda Muda. Menurut dia, para pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh tim yang telah bermain luar biasa. Ia pun berharap Timnas terus menciptakan sejarah untuk sepakbola Indonesia.

"Generasi emas pemain muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Terima kasih," ucap Erick, dalam rilis yang diterima redaksi.

Erick juga menyampaikan aspirasi Indonesia untuk meraih mimpi yang lebih tinggi. Dengan hanya satu langkah lagi menuju Olimpiade 2024 di Paris, ambisi Timnas semakin menguat.

Baca juga : DaveĀ Laksono: Pembagian Kursi Menteri Serahkan Ke Prabowo

"Kami di PSSI, bersama seluruh pemain dan ofisial, berharap mendapat doa dan dukungan dari seluruh rakyat serta pecinta sepak bola nasional. Saatnya untuk meraih mimpi yang lebih tinggi," tuturnya.

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan memicu histeria di kalangan warganet, dengan topik tersebut masih mendominasi daftar trending topic hingga Jumat malam (26/4). Pemilik akun @liyamoke menyampaikan pujian tinggi terhadap performa Timnas. Dia menyatakan, pertandingan tersebut luar biasa dan bahkan bisa diangkat menjadi film jika Timnas berhasil menjadi juara. "Kalau sampai juara, bisa ini dijadikan film," cuitnya.

Sementara itu, akun @kepagrawinata menggambarkan pertandingan itu sebagai momen yang menegangkan namun juga mengundang tawa. Ia bercerita tentang insiden lucu saat sesi nonton bareng yang sempat bubar ketika Justin Hubner gagal mencetak gol di babak adu penalti. Namun, ketika tendangan diulang, para penonton kembali berkumpul untuk melanjutkan dukungan. "Eh nggak tahunya tendangannya diulang terus pada balik nonton lagi," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.