Dark/Light Mode

Golkar Dan PAN Buka Pintu Lebar, Jokowi Jadi Rebutan

Sabtu, 27 April 2024 08:10 WIB
Presiden Jokowi.  (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca tak diakui lagi sebagai kader oleh PDIP, Presiden Jokowi jadi rebutan Golkar dan PAN. Kedua partai tersebut membuka pintu selebar-lebarnya jika eks Wali Kota Solo itu, mau bergabung.

Adalah Ketua Dewan Kehor­matan PDIP, Komaruddin Watubun, yang pertama kali menyebut Jokowi bukan lagi kader Banteng. Kata dia, Jokowi sudah berseberangan dengan partainya di Pilpres 2024, karena lebih condong ke pasangan Prabo­wo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ketimbang ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dijagokan PDIP.

“Orang sudah di sebelah sana bagaimana mau dibilang bagian ma­sih dari PDIP, yang benar saja,” ucap Komarudin, Senin (22/4/2024) malam.

Senada, Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, ada tolok ukur tersendiri yang dilaku­kan partainya untuk menilai kesetiaan seorang kader. Antara lain, seberapa taatnya kepada konstitusi dan seberapa setia terhadap ideologi.

Baca juga : Oleh PSI Dan PDIP, Pemilu Tertutup Dihidupkan Lagi

Mengetahui Jokowi sudah tak diakui PDIP, PAN mengatakan, siap menampungnya. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu, menyiapkan posisi strategis untuk Jokowi jika mau bergabung.

“Setahu saya, Pak Jokowi memang sangat nyaman dengan PAN. Jadi, kalau memang Pak Jokowi memilih berlabuh ke PAN ya bagus banget,” ujar Ketua Dewan Parkar PAN, Dradjad Wibowo, Jumat (26/4/2024).

PAN sendiri merupakan bagian dari koalisi Pemerintahan Jokowi. Dradjad mengaku hubungan partainya dengan kepala negara selalu baik.

Karena itu, dia memastikan, partainya akan memberikan jabatan men­tereng jika akhirnya Jokowi bersera­gam PAN. “Beliau akan ditempatkan di posisi sangat tinggi dan sangat berpengaruh,” sebut Dradjad.

Baca juga : Temuan CSIS, 58 Caleg Perempuan DPR Terpilih Terindikasi Poldin

Ditanya posisi apa, Dradjad be­lum mau buka suara. Namun, dia menekankan, bergabungnya Jokowi dengan PAN akan disambut hangat oleh para kader di pusat maupun daerah.

Menurut dia, kehadiran Jokowi akan membawa dampak elektoral yang sangat positif jelang pilkada pada November mendatang. Bahkan, hingga gelaran Pemilu 2029. “Bukan hanya menang pilkada, tapi 2029 bisa double digit kita,” ujarnya.

Partai Golkar juga sangat terbuka jika Jokowi mau bergabung. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, partainya ti­dak akan memberikan syarat kepada Jokowi untuk bergabung, karena se­lama ini Jokowi dianggap sudah men­jadi bagian keluarga besar Golkar.

“Tentunya tinggal formalitasnya saja,” kata Airlangga.

Baca juga : 113 Ribu Warga Urus Surat Pindah Domisili

Saat disinggung posisi apa yang akan disiapkan Golkar kepada Jokowi, Airlangga menyerahkan, hal itu sepenuhnya kepada Jokowi. Se­bab, bergabungnya salah satu kader terbaik bangsa ke dalam partainya merupakan hal yang luar biasa.

“Kalau posisi tergantung beliau. Karena beliau sekarang milik bangsa. Beliau milik semua partai. Tentu Partai Golkar selalu terbuka terha­dap kader-kader terbaik bangsa ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Jokowi, tidak mau membahas soal dirinya yang tak diakui oleh PDIP. Jokowi hanya bilang terima kasih.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 27 April 2024 dengan judul Golkar Dan PAN Buka Pintu Lebar, Jokowi Jadi Rebutan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.