Dark/Light Mode

Belum Berhasil Ke Olimpiade

Garuda Muda Dipuji Erick

Sabtu, 11 Mei 2024 08:10 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menghibur dan memberi semangat Timnas U-23 usai dikalahkan Guinea 1-0 pada pertandingan playoff Olimpiade di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam. Erick meminta tim Garuda Muda menyiapkan diri menghadapi kualifikasi piala dunia. (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menghibur dan memberi semangat Timnas U-23 usai dikalahkan Guinea 1-0 pada pertandingan playoff Olimpiade di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam. Erick meminta tim Garuda Muda menyiapkan diri menghadapi kualifikasi piala dunia. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Dalam laga terakhir sekaligus penentuan ke Olimpiade Paris 2024 playoff di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024), Indonesia dikalahkan Guinea U23 dengan skor 0-1. Gol kemenangan wakil Benua Afrika itu, dicetak Moriba lewat titik penalti di babak pertama, menit ke-29.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Shin Tae-yong menurunkan skuad terbaiknya dengan skema 3-4-3. Di bawah mistar, nama Ernando Ari belum tergantikan. Nathan Tjoe-A-On memimpin barisan pertahanan Garuda Muda bersama Muhammad Ferarri, dan Komang Teguh.

Di lini tengah, Ivar Jenner masih menjadi jenderal lapangan bersama Marselino Ferdinan. Sedangkan Bagas Kaffa dan Pratama Arhan bermain me­lebar. Adapun trisula Indonesia masih dipercayakan kepada Witan Sulaeman (kapten), Jeam Kelly, dan Rafael Struick.

Baca juga : Emil Dan Anies Sama-sama Kuat

Dalam laga 2x45 menit itu, Indone­sia kalah 0-1 dari Guinea. Kekalahan ini, membuat Timnas U-23 Indonesia gagal meraih tiket berlaga di ajang Olimpiade. Padahal, laga melawan Guinea jadi satu-satunya harapan Garuda Muda, setelah kalah dua kali berturut-turut di ajang Piala Asia. Per­tama ditekuk Uzbekistan 0-2 di babak semifinal, dan dikalahkan Iraq 1-2 dalam perebutan juara 3.

Di media sosial, warganet ikut mem­berikan pujian pada Garuda Muda yang telah menorehkan sejarah di laga level Asia.

"Semoga bisa jadi awal yang baik untuk sepakbola Indonesia. Semangat berproses dan berprogres," ujar @haexiou. "Bravo Garuda, kami se­lalu mendukungmu menang ataupun kalah," sahut @ahmadalpia70223.

Baca juga : Bukan Hanya Milik Satu Partai

"Kami sudah tidak sabar menunggu kualifikasi Piala Dunia 2026 Juni mendatang, mohon Timnas bisa dis­upport sebaik mungkin baik secara teknis maupun non teknis agar bisa aman lolos ke fase grup selanjutnya," harap @permana373. "Tetap semangat Garudaku," timpal @Ahmada_0103.

"Seharusnya jika pertandingan semua dijalankan secara fair, Timnas Indonesia U-23 sudah pasti lolos ke Olimpiade Paris 2024," kata @arizaro­naldo92.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 11 Mei 2024 dengan judul Belum Berhasil Ke Olimpiade, Garuda Muda Dipuji Erick

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.