Dark/Light Mode

Jelang Final Liga Champions, Gundogan Ingin Dortmund Juara

Kamis, 30 Mei 2024 06:40 WIB
Gelandang Barcelona, Ilkay Gundogan. (Foto: Fran Santiago/Getty Images)
Gelandang Barcelona, Ilkay Gundogan. (Foto: Fran Santiago/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelandang Barcelona, Ilkay Gundogan, mendukung Borussia Dortmund menjadi juara duel di final Liga Champions melawan Real Madrid, Minggu (2/6/2024).

Gundogan, yang merupak­an pemain Timnas Jerman ini, berharap tim asal negaranya itu bisa membalas kegagalan satu dekade lalu.

Borussia Dortmund terakh­ir kali melaju ke final Liga Champions tahun 2013. Saat itu, Die Borussen harus men­gakui keunggulan rival senega­ranya, Bayern Munchen. Saat itu, Gundogan masih menjadi bagian dari Borussia Dortmund.

Pemain yang sekarang mem­perkuat Barcelona tersebut su­dah pernah mengangkat tro­fi Liga Champions bersama Manchester City musim lalu. Kali ini, Gundogan berharap Die Schwarzgelben dapat menga­mankan gelar tersebut.

“Jelang final mendatang kon­tra Real (Madrid), saya berharap Dortmund memenangkan trofi kali ini. Mereka jadi tim yang tak diunggulkan, tapi bermain 90 menit atau lebih di final. Mereka mengejutkan bisa memenang­kan pertandingan dengan mu­dah,” tutur Gundogan, dilansir dari BVB Buzz.

Baca juga : Bunga Citra Lestari, Asyik Dugem Bareng Tiko

Menjadi bagian dari skuad The Black and Yellows sebelas tahun lalu, Gundogan membeberkan perasaan sedihnya saat kalah dari Bayern Munchen di final Liga Champions.

“Saya butuh waktu lama menerima kekalahan dari Bayern. Saya tak bisa tidur se­lama satu atau dua malam. Saya sangat sedih setelah itu. Melihat kembali kekalahan tersebut, para pemain bertumbuh dari sana dan saya juga belajar banyak dari kekalahan itu untuk membangun karier,” ungkap Gundogan.

Borussia Dortmund ba­ru satu kali menjuarai Liga Champions, yakni pada tahun 1997. Sementara, Real Madrid sudah 14 kali memenangkan trofi kompetisi tertinggi Eropa tersebut, dan memperoleh ge­lar sebagai Raja Eropa karena jadi klub dengan trofi Liga Champions terbanyak.

Raksasa Spanyol, Real Madrid dan Borussia Dortmund akan melakoni pertandingan terakhir sekaligus pertandingan terpenting di musim 2023/2024. Pertarungan di final Liga Champions 2023/2024 yang akan digelar di Wembley Stadium, London, Inggris, pada Minggu (2/6/2024) dini hari WIB itu, akan jadi perjuan­gan terakhir dua raksasa Eropa musim ini.

Meski jadi favorit pada pertandingan mendatang, Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti, enggan meremehkan Borussia Dortmund. Pasalnya, untuk sampai di partai final, Die Borussen lolos dari grup neraka yang berisikan Paris Saint-Germain (PSG), AC Milan dan Newcastle United.

Baca juga : Sahila Hisyam, Olahraga Bikin Suntuk Hilang

Kemudian di Fase Knockout, Borussia Dortmund mengeliminasi PSV Eindhoven, Atletico Madrid dan kembali menaklukkan raksasa Prancis, Paris-Saint Germain (PSG). Dua pemain Borussia Dortmund pun dinilai Ancelotti jadi kunci dari berbahayanya permainan The Black and Yellows.

“Mereka tim yang punya pemain berkualitas dan berpen­galaman. Apa yang membuat saya paling kagum adalah sikap pantang menyerah dan tekad mereka,” ungkap Ancelotti pada konferensi pers pra laga, dilansir dari BVB Buzz.

“Transisi mereka sangat cepat dengan adanya Sancho dan Adeyemi. Mereka punya strik­er yang kuat dan bertahan den­gan baik. Ini akan jadi pertandin­gan yang sangat kompetitif dan sulit,” sambung pria yang akrab dikenal dengan Don Carlo itu.

Sebagai tambahan, Ancelotti menegaskan timnya tak akan me­mandang sebelah mata pertand­ingan mendatang. Sang pelatih menyatakan, Real Madrid bukan favorit juara meski di atas kertas timnya lebih baik.

“Kami tak menganggap tim kami sebagai favorit. Borussia Dortmund layak bermain di final. Mereka menaklukkan tim-tim dengan kualitas yang bagus, seperti Atletico Madrid dan PSG. Mereka tim yang punya sikap dan komitmen yang luar biasa. Kami pasti akan kesulitan dan harus berjuang keras (di pertandingan mendatang),” tutur Ancelotti.

Baca juga : Menkominfo Tata Kualitas Medsos

Real Madrid hanya menel­an dua kekalahan sepanjang musim ini. Satu-satunya tim yang bisa mengalahkan Los Blancos adalah Atletico Madrid, sehingga tak heran raksasa Ibu Kota Spanyol tersebut diprediksi dapat mengamankan gelar Liga Champions ke-15-nya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 30 Mei 2024 dengan judul Jelang Final Liga Champions, Gundogan Ingin Dortmund Juara

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.