Dark/Light Mode

Perbaiki Kualitas Hidup Masyarakat

Wapres Dorong Penerapan Sistem Transportasi Cerdas

Rabu, 29 Mei 2024 07:30 WIB
Wapres Maruf Amin memberi sambutan pada pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (28/5/2024).
Wapres Maruf Amin memberi sambutan pada pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (28/5/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendorong adanya pemerataan sistem transportasi di seluruh wilayah. Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menilai, ketidak merataan fasilitas transportasi mempengaruhi kualitas hidup masyarakat

KARENA itu, menurut Ma’ruf, pemerataan dan peningkatan akses terhadap sistem transportasi yang aman, terjangkau dan ramah lingkungan kepada masyarakat perlu menjadi fokus perhatian.

“Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi salah satunya melalui sistem transportasi cerdas,” kata Ma’ruf saat membuka The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 atau Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik ke-19 Tahun 2024 di Jakarta Convention Cen­ter (JCC), Selasa (28/5/2024).

Ma’ruf mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, sistem transportasi cerdas menjadi fokus pengembangan teknologi transportasi global.

Baca juga : Banteng Diramal Mau Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Menurutnya, seluruh negara tengah berupaya mengembang­kan sistem transportasi yang lebih efisien, efektif, ramah pengguna dan berkelanjutan.

Sistem transportasi cerdas ini diharapkan tidak hanya menjadi jawaban atas meningkatnya mobilitas masyarakat perkotaan.

“Termasuk mampu mengu­rangi kemacetan, emisi gas rumah kaca, dan pemakaian energi, serta meningkatkan ke­selamatan,” tuturnya.

Eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menilai, pengembangan inovasi teknologi di sektor transportasi juga diyakini dapat meningkat­kan efisiensi biaya, waktu dan konektivitas, sehingga mampu mendorong pertumbuhan akti­vitas ekonomi.

Baca juga : PKB Mulai Kampanyekan Kiai Marzuki Mustamar

Untuk itu, inovasi teknologi di sektor transportasi menjadi kebutuhan mendesak yang harus segera dilakukan bersama.

Saat ini, kata Ma’ruf, Pemerintah berupaya mendukung pengembangan inovasi teknologi. Di antaranya melalui penetapan kebijakan standar mobil listrik, program insentif kendaraan listrik, dan program pendorong transisi lainnya.

Selain itu, Pemerintah juga tengah memadukan desain Sistem Transportasi Cerdas dan Kota Pintar ke dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“IKN diharapkan menjadi pionir kota berbasis transpor­tasi cerdas dan berkelanjutan yang dapat menginspirasi pembangunan serupa di kota-kota lain,” harap Ma’ruf.

Baca juga : Uang Kuliah Jangan Lagi Memberatkan Mahasiswa

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, populasi dunia terus berkembang sangat pesat, dengan mayoritas pen­duduk tinggal di perkotaan.

Pada tahun 2050, diperkirakan dua pertiga penduduk dunia akan tinggal di perkotaan. Hal ini menghadirkan tantangan bagi sektor transportasi.

“Seperti kemacetan lalu lintas, kecelakaan, terhambatnya layanan angkutan barang, dan po­lusi gas karbon,” tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.