Dark/Light Mode

Badminton Australia Open 2024

Alwi Dan Ester Melenggang, Ganda Campuran Gatot

Kamis, 13 Juni 2024 06:30 WIB
Alwi Farhan.  (Foto: Badminton INA)
Alwi Farhan. (Foto: Badminton INA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tunggal putra Alwi Farhan dan tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo melaju di ajang Australia Open 2024. Sedangkan pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati gagal total (gatot) di babak awal.

Bertanding di Sydney Sport Center, Sydney, Australia, Alwi tampil sangat gigih.

Juara Dunia Junior 2023 itu berhasil bangkit dan mengalahkan wakil India Mithun Manjunath dengan dua gim langsung, 21-17, 21-17. Alwi langsung dihadap­kan duel sengit sejak awal. Dia bahkan sempat tertinggal 1-6 dari Manjunath. Meski bisa mendapat­kan tambahan poin, tetapi Alwi masih tertinggal dari lawannya dengan skor 3-7. Namun, Alwi perlahan mulai bangkit dan me­mangkas jarak menjadi 6-7.

Kendati demikian, Alwi ga­gal membalikkan keadaan dan harus tertinggal 7-11 dari la­wannya di interval gim per­tama. Setelahnya, duel ber­langsung ketat, dan Alwi ber­hasil memimpin 14-13. Usaha Manjunath membalikan keadaan gagal setelah Alwi menjauh. Hingga menutup gim pertama dengan kemenangan 21-17.

Di awal gim ke-2, Alwi menunjukkan penampilan bagus untuk bisa memimpin 3-1. Alwi terus menampilkan permainan yang baik, dan menjauh 8-4. Kemudian, selepas interval, Manjunath tak bisa meredam Alwi sehingga tertingga 9-14.

Baca juga : Welcome Duta Bangsa Warga AS Dan Indonesia

Alwi terus menambah perole­han poinnya menjadi 17-12 atas tunggal putra India yang sedang menempati ranking 68 BWF. Pertandingan yang berlangsung selama 44 menit itu pun akh­irnya dimenangkan oleh Alwi dengan skor 21-17.

Sebelumnya, Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil mengandas­kan wakil tuan rumah Jack Yu. Chico menang dua gim lang­sung, 21-19, 21-11.

Di awal, Chico langsung tertinggal 0-2. Berikutnya, Chico menyamakan skor 4-4 dan berbalik memimpin 5-4. Dia kemudian menjauh, 7-4, setelah pengembalian Yu keluar. Usai interval, Chico sempat ung­gul jauh, sebelum Yu kembali mendekat jadi 19-20. Tapi, pengamatan yang kurang cer­mat dari Yu membuat Chico mengakhiri gim ini dengan kemenangan.

Di gim ke-2, Chico tampak lebih menguasai jalannya la­ga. Chico bisa menutup inter­val dengan keunggulan 11-9. Setelahnya, pebulutangkis asal Papua itu makin menjauh, dan menutup pertandingan setelah unggul 21-11.

Dari nomor tunggal putri, adik Chico, Ester Nurumi Tri Wardoyo turut lolos ke 16 besar. Cuma perlu waktu setengah jam bagi Ester untuk menghentikan perlawanan wakil Taiwan Huang Yu-Hsun dalam dua gim 21-9, 21-15.

Baca juga : SYL Ketahuan Beli Aset Pinjam Nama Saudaranya

Langkah Ester diikuti Putri Kusuma Wardani dan Komang Ayu Cahya Dewi. Putri KW tanpa kesulitan memenangi laga atas wakil Vietnam Vu Thi Anh Thu 21-13, 21-12. “Untuk pertandin­gan berikutnya, saya seperti biasa saja. Saya harus menjaga mental dan pola pikiran saja,” kata Putri KW usai bertanding.

Sedangkan Komang Ayu ketika berhasil mengalahkan wakil tuan rumah Victoria Tjonadi. Komang Ayu menang dengan skor 21-10, 21-12 dalam waktu lebih singkat dari Ester, 27 menit.

Di sektor ganda campuran, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata berhasil lolos dari terkaman Pramudya Kusumawardana/Nozomi Shimizu. Jafar/Aisyah menumpas perlawa­nan Pramudya/Shimizu lewat dua gim ketat, 22-20, 21-19. Pramudya merupakan eks pemain ganda putra Indonesia yang pernah berpasan­gan dengan Yeremia Rambitan.

“Pertandingan hari ini cukup ketat, dari awal sampai akhir pun skornya mepet terus,” kata Jafar usai laga.

Sayangnya, hasil mengece­wakan justru dialami senior Jafar/Aisyah. Rehan/Lisa yang datang sebagai unggulan ke-4, langsung kandas. Mereka kalah dari wakil Malaysia Choong Hong Jian/Go Pei Kee dengan skor 26-24, 17-21, 14-21.

Baca juga : Ashanty, Kaget Dihujat

Ini membuat daftar riwayat turnamen Rehan/Lisa makin merah. Mereka telah menelan delapan kekalahan early exit alias kekalahan prematur di babak-babak awal.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 13 Juni 2024 dengan judul Badminton Australia Open 2024, Alwi Dan Ester Melenggang, Ganda Campuran Gatot

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.