Dark/Light Mode

Agustusan Di IKN

Jokowi Undang Mega Dan SBY

Rabu, 12 Juni 2024 08:00 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan akan mengundang Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Semuanya diundang, semuanya diundang ke IKN,” kata Jokowi, seperti dilihat di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/6/2024).

Menurut dia, rencana upacara 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN Nusantara, Kalimantan Timur dan Istana Negara, Jakarta. “Ya ini kan masa transisi ya, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan,” tambah Jokowi.

Baca juga : Kemenhub Tawarkan Tiga Proyek Kereta Ke Investor

Sementara, kata Jokowi, upacara 17 Agustusan pada tahun depan kemungkinan akan dihelat cuma di IKN Nusantara. Terlebih, ketika Presiden sudah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN.

“Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi, itu tidak mudah,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. Kata dia, Presiden akan mengundang sejumlah tokoh nasional dalam upacara 17 Agustus. Termasuk mantan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca juga : Hanura Tanpa Mahar!

“Undangan masih diusulkan. Pak Presiden merekomendasikan para tokoh untuk hadir, apakah di sini dan IKN,” imbuh dia.

Sementara, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, ada 2.000 orang akan berpartisipasi dalam upacara 17 Agustus di IKN nanti. Mereka hadir termasuk Presiden Jokowi, petugas upacara, delegasi berbagai negara, hingga tamu kehormatan.

Budi menyebut, dengan pembangunan yang masih berjalan, IKN cukup menampung 2.000 orang saat upacara 17 Agustusan. Beda dengan upacara di Istana Negara, Jakarta, selama ini dengan jumlah 5.000 orang.

Baca juga : Iuran Tapera, Batalkan Saja!

Untuk akses transportasinya, Budi mengatakan, bisa dilakukan dengan penerbangan ke Bandara VVIP IKN dan juga dibantu Bandara Balikpapan. Untuk infrastruktur dasar di sana sudah siap bila menerima kunjungan 2.000 orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.