Dark/Light Mode

Kalahkan Dallas Mavericks Di Final NBA 2024

Mazzulla Bawa Celtics Juara

Rabu, 19 Juni 2024 06:30 WIB
Pelatih Boston Celtics Joe Mazzulla bersama para pemain mengangkat trophy usai jadi jawara Liga Bola Basket Amerika (NBA) 2024. (Foto: Elsa/Getty Images)
Pelatih Boston Celtics Joe Mazzulla bersama para pemain mengangkat trophy usai jadi jawara Liga Bola Basket Amerika (NBA) 2024. (Foto: Elsa/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Joe Mazzulla berhasil membawa Boston Celtics jadi jawara Liga Bola Basket Amerika (NBA) ke 18 kali. Di final, Celtics mengalahkan Dallas Mavericks dengan skor 206-88.

Diketahui, dua tahun lalu, Joe Mazzulla masih melatih tim basket di level dua Liga Bola Basket Mahasiswa (NCAA). Kini, Mazzulla membawa Boston Celtics jadi juara NBA.

Pujian dilayangkan pada Mazzulla setelah Celtics berhasil memastikan gelar NBA musim ini usai mengalahkan Dallas Mavericks di gim kelima Final NBA, kemarin. Kemenangan 106-88 membuat Celtics unggul 4-1 dalam sistem 𝘣𝘦𝘴𝘵-𝘰𝘧-𝘴𝘦𝘷𝘦𝘯 dan memastikan gelar.

“Tidak ada yang lebih baik daripada menjadi bagian dari Celtics dan turut membuat seja­rah,” kata Mazzulla usai mem­bawa timnya juara, dilansir dari 𝘈𝘴𝘴𝘰𝘤𝘪𝘢𝘵𝘦𝘥 𝘗𝘳𝘦𝘴𝘴, kemarin.

Dengan kariernya yang ma­sih terbilang pendek di NBA, Mazzulla memiliki rekor yang san­gat baik, dengan 148 kali menang dan 54 kalah. Di antara semua pela­tih yang telah memiliki setidaknya 200 pertandingan di NBA, rekor Mazzulla adalah yang terbaik.

Baca juga : Penetapan Tersangka Tunggu Hasil Audit Kerugian Negara

Keberhasilan tersebut tak lantas membuat Mazzulla jumawa. Dia menyebut, kesuksesannya juga berkar tim. Katanya, merupakan anugerah besar bagi pelatih yang memiliki tim yang mau dilatih, diarahkan, dan dipimpin. Dia bi­lang, Celtics memiliki lingkungan yang menganggap pembinaan dan pembelajaran penting.

“Anda tidak bisa menjadi pelatih yang baik jika para pe­main tidak mengizinkannya,” katanya.

Kelayakan Mazzulla memimpin Celtics mencapai juara diakui pe­main Celtics Payton Pritchard. Dia bilang, selama melatih, Mazzulla selalu menjadi dirinya sendiri. Dia bilang, Mazzulla bisa mem­buat pemain belajar banyak soal bagaimana melihat sisi ofensif, sistem dan manajemen permainan, dan sebagainya.

“Dia hebat dalam hal itu. Saya dan juga pemain yang lain telah belajar banyak darinya,” ucap Pritchard.

Selain membawa Celtics jadi tim terbanyak yang mengoleksi gelar NBA, Mazzula juga menciptakan rekornya sendiri. Dia jadi pelatih termuda, 35 tahun, yang membawa timnya menjadi juara di kompetisi basket terbaik dunia itu.

Baca juga : Aurelie Moeremans, Pacari Bule Tampan

“Dalam hidup, Anda hanya memiliki peluang yang kecil un­tuk jadi yang terhebat,” tambah Mazzulla.

Pemain Celtics lainnya, Jaylen Brown yang terpilih jadi Pemain Terbaik (Most Valuable Player) Final NBA 2024 bersyukur bisa membawa timnya jadi juara. Dia menyebut, gelar ini merupakan buah dari kerja sama tim yang sangat baik.

“Saya ingin mempersembah­kan gelar ini untuk saudara saya, dan juga rekan saya, Jayson Tatum yang telah berbagi ber­sama saya,” ucap Brown.

Dari kubu lawan, pelatih Mavericks Jason Kidd berharap timnya bisa berkembang usai Final NBA yang telah mereka jalani. Meski kalah cukup telak, 1-4, dia berpikir, timnya telah bertarung dengan baik melawan tim terbaik di liga.

“Kami hanya tidak bisa me­lepaskan tembakan ketika kami harus melakukannya,” kata Kidd.

Baca juga : 4 Bulan Lagi Kabinet Selesai, Para Menteri Kompak Dan Solid

Gelar ini jadi pemuas dahaga Celtics setelah sebelumnya pada 2022 kalah di Final NBA atas Golden State Warriors. Di tahun berikutnya, mereka juga kalah di Final Wilayah Timur dari Miami Heat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 19 Juni 2024 dengan judul Kalahkan Dallas Mavericks Di Final NBA 2024, Mazzulla Bawa Celtics Juara

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.