Dark/Light Mode

4 Bulan Lagi Kabinet Selesai, Para Menteri Kompak Dan Solid

Selasa, 18 Juni 2024 08:30 WIB
Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers kepada jurnalis usai melaksanakan Sholat Idul Adha di halaman Kantor Pimpinan Pusat  (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (17/6/2024). (Foto: ANTARA/M Riezko Bima Elko P)
Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers kepada jurnalis usai melaksanakan Sholat Idul Adha di halaman Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (17/6/2024). (Foto: ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat bulan lagi, pemerintahan Jokowi- Ma’ruf Amin bakal selesai. Meski begitu, para menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) tetap fokus kerja menuntaskan program-program yang sudah dicanangkan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy kepada wartawan, usai melaksanakan Salat Idul Adha, di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (17/6/2024).

“Biasa saja, pokoknya kerja fokus, berkoordinasi dengan baik,” kata Muhadjir.

Baca juga : Prabowo Akan Tingkatan Kualitas Hidup Rakyat

Menurut dia, transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah beberapa kali dibahas. Sehingga, dia yakin, seluruh menteri dapat memahami. Transisi ini juga termasuk soal anggaran yang dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Selain itu, Muhadjir juga menuturkan, sejauh ini tidak ada tantangan yang berarti dari transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo. “Nggak ada, smooth kok,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Soal pemerintahan baru nanti seperti apa, Muhadjir enggan berspekulasi. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. “Saya tidak memiliki kapasitas untuk menjelaskan itu, saya kira itu langsung kepada presiden terpilih, Pak Prabowo,” tutupnya.

Baca juga : Soal Korban Judol Dapat Bansos, Menko Muhadjir Meluruskan

Senada dikatakan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dia memastikan, kabinet tetap solid hingga akhir pemerintahan pada Oktober 2024. Menurut Airlangga, semua menteri dan pimpinan lembaga berkomitmen mengawal pemerintahan Jokowi hingga akhir.

“Saya rasa, kalau kabinet sih solid,” ujar Airlangga, usai melaksanakan salat Idul Adha, di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (17/6/2024).

Airlangga mengatakan, pihaknya juga fokus merealisasikan dan menuntaskan program-program pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam waktu pemerintahan yang tersisa. “Sesuai dengan amanah mengawal Pak Presiden dan Pak Ma’ruf Amin, terutama pada program-program pembangunannya,” tukas Ketua Umum Partai Golkar itu.

Baca juga : Akankah Emil Lawan Anies? Airlangga Nunggu Hasil Survei

Istana dalam berbagai kesempatan juga menegaskan, kabinet tetap solid. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, koordinasi dan kekompakan antar menteri terus terjaga dengan digelarnya rapat-rapat tingkat menteri yang dipimpin oleh para menteri koordinator.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.