Dark/Light Mode

Agustusan Di IKN, Basuki Terus Gaspol

Selasa, 18 Juni 2024 08:00 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek tanggul laut (Sheet Pile) tahap II di kampung Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nym)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek tanggul laut (Sheet Pile) tahap II di kampung Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nym)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sudah mengagendakan, perayaan Agustusan tahun ini digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Plt Kepala Otorita IKN yang juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan semua persiapannya terus digaspol.

Hal ini disampaikan Basuki saat menemani Presiden Jokowi meninjau proyek tanggul rob di Tambaklorok, Semarang, Senin (17/6/2024). Basuki memastikan, sarana dan prasarana di IKN siap digunakan untuk Upacara HUT RI ke-79.

“Insya Allah siap prasarananya. PUPR tanggung jawab pada prasarananya. Pelaksanaan di Sekretariat Negara,” ujar Basuki.

Baca juga : Cyril Raoul Hakim: Kami Tempuh Semua Langkah Hukum

Basuki mengaku terus menggeber pembangunan infrastruktur jalan di IKN agar bisa digunakan pada saat upacara HUT RI. Sejumlah infrastruktur pendukung seperti pembangunan hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Pertahanan dan Keamanan, hingga kepolisian, juga dipercepat.

“Akan kita fungsikan Agustus. Hunian dari 47 tower yang kita bangun untuk ASN, Hankam, kepolisian, 12 (tower) akan siap dipakai untuk petugas upacara, setelah itu, baru untuk ASN,” ungkap Basuki.

Selain itu, Basuki menyebut, ada 36 rumah dinas menteri yang rampung dibangun. Setiap unitnya, punya luas sekitar 98 meter persegi. Ditambah 100 kamar Hotel Nusantara telah siap dihuni tamu undangan.

Baca juga : Alexander Marwata: Silakan Melapor Ke Mana Pun

Kemudian, fasilitas kesehatan seperti IGD di RS Mayapada dan RS Hermina akan segera digunakan. Dukungan air bersih juga bakal dirampungkan instalasinya pada akhir bulan ini.

Namun, Basuki belum bisa memastikan kapan jaringan internet di IKN siap digunakan. Sebab, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan spesifik.

“Mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli sudah beroperasi untuk air minum. Karena di sana standarnya air minum. (Listrik) dari PLN siap, kalau internet belum tahu,” sebutnya.

Baca juga : Daging Kurban Sebaiknya Gunakan Wadah Alami

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan bandara di IKN telah memasuki tahap final. Bandaranya juga sudah diberi nama oleh Presiden Jokowi, yakni Nusantara Airport.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.