Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024: Italia Vs Swiss, Aroma Balas Dendam

Jumat, 28 Juni 2024 06:52 WIB
Para pemain timnas Italia. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Italia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tercium aroma balas dendam saat Italia bertemu Swiss pada babak 16 besar Euro 2024 di Olympiastadion Berlin, Jerman, Sabtu (29/6) dini hari nanti.

Benteng pertahanan Gli Azzurri kemungkinan bakal rapuh, karena absennya bek tengah, Riccardo Calafiori.

Timnas Italia yang diasuh Luciano Spalletti maju ke babak knock-out dengan status sebagai runner up Grup B. Status itu didapat usai mereka bermain imbang 1-1 atas Kroasia, Selasa (25/6/2024) dini hari lalu.

Sementara, pasukan Swiss dipastikan lolos setelah menahan imbang tuan rumah Jerman 1-1 di laga terakhir Grup A Euro 2024.

Baca juga : Bekuk Rep Ceko 2-1, Turki Layak Jadi Unggulan

Kelolosan Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan pun mendapat banyak pujian meski hanya keluar sebagai runner up Grup A. Yang bikin menarik, ada aroma balas dendam saat Italia bertemu Swiss di laga nanti.

Pasalnya, Nati - julukan Timnas Swiss, turut andil dalam menyingkirkan Italia di babak kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Kala itu, Italia yang bertindak sebagai tuan rumah ditahan Swiss 1-1.

Hasil itu cukup membuat Swiss lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup C dengan koleksi 18 poin. Mereka unggul dua poin dari Italia yang harus berjuang di babak playoff kualifikasi.

Tragisnya lagi, hasil minor Italia tersebut berlanjut di babak play off. Mereka kalah 0-1 dari Makedonia Utara, dan dipastikan tidak tampil pada perhelatan event empat tahunan tersebut.

Baca juga : Duh, Southgate Disoraki Fans Timnas Inggris

Itulah mengapa Italia kemungkinan akan memanfaatkan momen ini untuk menuntut balas. Pada event sebelumnya, tepatnya di Euro 2020, atau saat Italia keluar sebagai juara, kedua tim juga sempat bertemu di fase penyisihan grup.

Kala itu, Italia menang meyakinkan dengan skor 3-0 atas Swiss. Sejarah itu tentu akan berdampak pada pertemuan kali ini. Mengingat, selain Italia ingin mempertahankan status sebagai juara, Swiss tengah bertekad membuktikan diri dari tim yang memiliki prestasi yang lebih mentereng.

Akan tetapi, Timnas Italia harus bertarung melawan Swiss tanpa bek tengah andalan Riccardo Calafiori. Padahal, peran pemain Bologna berusia 22 tahun itu sangat dibutuhkan berkat performa apiknya di sepanjang Euro 2024.

Calafiori tampil gemilang dengan kualitas bertahan yang patut diacungi jempol dan kepercayaan dirinya yang tinggi saat bermain dengan bola. Dia sukses sodorkan assist saat Mattia Zaccagni mencetak gol penyama kedudukan di laga melawan Kroasia.

Baca juga : Pilkada Serentak November 2024, Istana Pastikan Presiden Netral

Yang bikin miris lagi, pelatih Luciano Spalletti tak bisa andalkan Calafiori di pertandingan melawan Swiss di babak 16 besar Euro 2024, setelah dia menerima kartu kuning di dua laga fase grup – saat Gli Azzurri menang atas Albania dan imbang kontra Kroasia, hingga mantan pemain muda AS Roma itu harus jalani skorsing satu pertandingan.

Spalletti pun akan memilih satu pemain yang bisa menggantikan peran Calafiori di antara tiga opsi yang dimilikinya. Mereka adalah bek Torino Alessandro Buongiorno, pemain Juventus Federico Gatti atau Gianluca Mancini dari Roma. Demikian diungkapkan Football Italia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.