Dark/Light Mode

Tutup Piala Presiden Bola Basket, Menpora: Saya Bangga Ajang Ini Tanpa Dana APBN

Senin, 25 November 2019 05:21 WIB
Menpora Zainudin Amali saat menutup Piala Presiden Bola Basket 2019 di Solo, Minggu (24/11) malam. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat menutup Piala Presiden Bola Basket 2019 di Solo, Minggu (24/11) malam. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali mengaku senang dan bangga penyelenggaraan Kejuaraan Bola Basket Piala Presiden 2019 tanpa menggunakan APBN, melainkan sepenuhnya dukungan sponsor dan pengelolaan dapat dipertanggung jawabkan.

Hal ini Menpora sampaikan usai secara resmi menutup kejuaraan itu di Gelanggang Olahraga Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah. Menpora sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada penyelenggara yang sukses menyelenggarakan kejuaraan tingkat nasional tanpa menggunakan anggaran APBN.

Baca juga : Gajinya Rp 51 Juta Per Bulan, Kita Lihat Aja Mereka Bisa Apa

"Saya sampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, PB Perbasi dan IBL yang telah menyelenggarakan kejuaraan tanpa ada menggunakan uang negara," ujar Menpora, Minggu (24/11) malam.

"Ini luar biasa semuanya didukung oleh sponsor, meski demikian keuangan penyelenggaraan ini juga diaudit oleh PWC (Price Waterhouse Coopers) jadi mudah-mudahan kalau setiap pertandingan setiap kegiatan olahraga keuangannya transparan dan pengelolaannya bisa dipertanggungjawabkan," jelasnya. Menpora menilai kepercayaan sponsor akan datang dengan sendirinya makin tahun akan nambah jika pengelolaan keuangan dilakukan dengan transparan.

Baca juga : Menpora Bangga Piala Presiden Bola Basket 2019 Tak Pakai Uang Negara

"Kan yang sulit bagi kita ini setiap ada kegiatan seperti ini selalu keuangannya sulit untun dipertanggungjawabnya dan ini adalah contoh positif yang bisa diapresiasi," urai Menpora.

Ketua Steering Committee Maruarar Sirait menyampaikan kejuaraan Bola Basket Piala Presiden 2019 diikuti 9 klub kontestan IBL 2020. Satria Muda Pertamina keluar sebagai pemenang Basket Piala Presiden 2019 serta berhak atas hadiah sebesar Rp 150 juta usai mengalahkan Amartha Hangtuan di partai final dengan skor 51-43.

Baca juga : Gelar Piala Presiden, Basket Catat Sejarah Baru

"Terima kasih atas kehadiran pak Menpora, terima kasih para sponsor dan masyarakat Kota Solo semoga tahun bisa kita selenggarakan kejuaraan ini dengan lebih besar lagi," kata Maruarar. Nampak hadir Gibran Rakabuming Raka dan Jan Ethes, Ketua Perbasi Danny Kosasih dan Dirut IBL. [**]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.