Dark/Light Mode

Persiapan SEA Games Kacau, Presiden Filipina Perintahkan Penyelidikan

Rabu, 27 November 2019 14:50 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto : ABS-CBN News)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto : ABS-CBN News)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berita soal buruknya persiapan SEA Games 2019 rupanya bikin pemerintah Filipina gerah. Apalagi, ada tudingan panitia tak profesional lantaran dugaan korupsi. 

Presiden Filipina Rodrigo Duterte sampai turun tangan. Dia memerintahkan penyelidikan terhadap masalah-masalah yang dianggap mencoreng negaranya.

Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengungkapkan Duterte tidak senang saat mengetahui pengalaman tidak mengenakkan atlet-atlet asing yang tidak dijamu dengan pantas serta mengalami kesulitan dalam akomodasi dan transportasi begitu tiba di Filipina.

Baca juga : Luar Biasa, Indonesia Taklukkan Thailand 2-0

"Ada tuduhan korupsi yang muncul di koran-koran dan dia tidak suka itu. Dia ingin menginvestigasi itu. Dia tak menoleransi korupsi," kata Panelo dalam sebuah wawancara seperti dikutip Kantor Berita Antara pada Rabu (27/11).

 Dia mengatakan penyelidikan dugaan korupsi ini mencakup semua penyelenggara, termasuk Ketua DPR yang juga ketua Komite Penyelenggara SEA Games Filipina (PHISGOC) Alan Cayetano.

Kantor Kepresidenan akan menggelar penyelidikan, kata dia, yang termasuk semua aspek, mulai dari penginapan atlet, konstruksi kaldron yang menghabiskan dana 45 juta peso.

Baca juga : Kontingen SEA Games Kebanyakan, CdM Ngotot Berangkatkan Tim Cluster

Ketika ditanya apakah penyelidikan itu muncul setelah tersebarnya kekacauan penyelenggaraan, Panelo menjawab, "President mengatakan seandainya ada (korupsi), mereka harus bertanggung jawab."

Menurut Philippine Star, di antara masalah yang timbul menjelang dibukanya SEA Games adalah kekacauan dalam transportasi atlet, makanan yang tidak layak, tidak tersedianya makanan halal untuk atlet Muslim, beberapa venue yang belum selesai, pusat media dan fasilitas pemain.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali berusaha bijak menyikapi masalah di Filipina. Ia memahami tidak mudah mempersiapkan pelaksanaan SEA Games 2019 yang diikuti negara-negara di Asia Tengara.

Baca juga : Dana SEA Games Rp 59 Miliar Cair Pekan Depan

Dia juga berharap atlet Indonesia tidak terpengaruh berita-berita negatif seputar SEA Games 2019 di Filipina. Dia minta atlet tetap konsentrasi bertanding. Tujuannya tetap mendapat medali.

“Tetap konsentrasi dan fokus dalam pertandingan. Jangan berpikir yang di luar itu. Jangan jadikan berita-berita yang kurang baik menjadi beban untuk bertanding,” ujar Zainudin saat mengukuhkan Kontingen Indonesia yang bakal berlaga pada SEA Games 2019 Filipina di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11) pagi. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.