Dark/Light Mode

Terima Suaka Meksiko, EksPresiden Bolivia Janji Bakal Kembali

Selasa, 12 November 2019 12:52 WIB
Evo Morales
Evo Morales

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Presiden Bolivia Evo Morales akhirnya menerima tawaran Pemerintah Meksiko yang menawarkan suaka kepadanya.Morales terbang meninggalkan La Paz dengan menggunakan pesawat kenegaraan Meksiko Selasa dini hari (12/11).

Kabar kepergian Morales dicuitkan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard di akun Twitternya @m_ebrard.

Baca juga : Suhendra Usulkan Jabatan Presiden Tiga Periode

"Pesawat Iar Force Mexico telah membawa Evo Morales. Di bawah hukum internasional beliau di bawah lindungan Meksiko. Nyawa dan integritas anda bersama kami," cuit Ebrard dikutip AFP.

Pemerintah Meksiko menganggap kejadian di Bolivia adalah kudeta.  Karena militer melanggar perintah konstitusi dengan menekan Morales mundur.

Baca juga : Presiden Bolivia Mundur di Tengah Protes Sengketa Pemilu

Sebelum dijemput, Morales terlebih dulu menghubungi Pemerintah Meksiko dan menyatakan kesediaannya menerima tawaran suaka. Lewat akun Twitter-nya, Morales berterima kasih kepada Meksiko yang telah melindunginya. Ia juga bertekad akan pulang ke Bolivia suatu hari nanti dengan semangat jauh yang lebih kuat.

Unjukrasa di Bolivia dipicu tudingan kubu oposisi bahwa proses penghitungan suara dalam pemilu bulan lalu dipenuhi kecurangan. Senator yang akan menggantikan Morales, Jeanine Anez, bertekad akan menggelar pemilihan umum demi memulihkan situasi di Bolivia.

Baca juga : Soal Masalah BPJS, Menko PMK Janji Carikan Solusi TerbaikĀ 

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS) telah menyuarakan kekhawatiran mereka usai Morales dan puluhan menteri serta pejabat tinggi Bolivia mengundurkan diri. Mereka khawatir aksi kekerasan di Bolivia bisa benar-benar meletus tak terkendali di tengah vakum kekuasaan.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.