Dark/Light Mode

Man United vs West Ham United, David de Gea Disorot

Rabu, 22 Juli 2020 11:42 WIB
Kiper MU, David de Gea menjadi sorotan karena sering blunder menjaga gawang. (Foto : Istimewa)
Kiper MU, David de Gea menjadi sorotan karena sering blunder menjaga gawang. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester United akan menjadikan laga melawan West Ham United pada pekan ke-37 laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/7) dini hari nanti WIB, sebagai penyembuh luka sakit hati usai disingkirkan Chelsea dari ajang Piala FA. Namun, ambisi Setan Merah diprediksi sulit terealisasi karena tampil pincang saat melawan West Ham.

Media Inggris The Sun, kemarin melansir, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, diklaim bakal mengambil keputusan penting saat melawan West Ham, dengan mengganti posisi David de Gea dengan Sergio Romero sebagai kiper utama Setan Merah.

Klaim tersebut mengacu kerapnya kiper asal Spanyol tersebut melakukan blunder di sepanjang musim ini, dan pentingnya Setan Merah meraih kemenangan atas West Ham untuk membuka jalan untuk finis di empat besar.

Seperti diketahui, penjaga gawang 29 tahun tersebut kembali membuat blunder saat tampil me lawan Chelsea. Komentar miring tentang mantan kiper Atletico Madrid itu pun langsung bertebaran baik di media cetak maupun di media sosial.

Solskjaer bahkan tak tinggal diam dengan blunder yang kembali dilakukan David de Gea. Manajer asal Norwegia itu disebut-sebut bakal mencadangkan David de Gea dan memainkan Sergio Romero di laga kontra West Ham, lewat pernyataannya usai pertandingan melawan Chelsea.

Baca juga : Man United-Leicester City Senggolan Menuju Zona Eropa

“David de Gea seharusnya bisa menggagalkan gol kedua Chelsea. Bila itu terjadi, MU tidak mungkin kalah 1-3 di laga itu,”.

Jurnalis The Sun, Neil Custis kemudian menilai, pernyataan Solskjaer tersebut mengandung arti kekecewaan, dan ketidaknginannya menggunakan De Gea. Sebab, performa De Gea di laga melawan Chelsea telah menurunkan kepercayaan diri pemain MU yang lain.

“Setelah pertunjukan horor di semifinal Piala FA hari Minggu lalu, Ole Gunnar Solskjaer siap untuk beralih ke kiper nomor dua, Sergio Romero,” tulis Neil Custis dalam laporannya.

Dia juga menilai, buruknya performa De Gea telah memberi penyesalan yang mendalam bagi Solskjaer. Pasalnya, kiper yang digunakan MU pada kesempayan itu harusnya jatah Sergio Romero.

“Sergio adalah kiper utama MU di setiap Piala FA. Tapi kali ini dia diganti, dan penggantinya justru tampil sangat buruk. Dia pasti sangat kecewa, dan ingin menunjukkan kualitasnya saat dipercaya tampil melawan West Ham,” sambungnya.

Baca juga : Man United Vs Crystal Palace, Menang Atau Nggak Dapat Jatah Liga Champions

Jika laporan Neil Custis benar adanya, maka akan terjadi momen langka di laga Manchester United vs West Ham. Pasalnya, David de Gea belum pernah sekalipun absen di laga Premier League pada musim 2019/2020 ini. David de Gea selalu bermain dalam 36 laga Premier League yang sudah dimainkan United musim ini.

Bukan hanya bermain, tetapi selalu penuh. Sergio Romero dan Lee Grant belum pernah dimainkan satu menit pun di Premier League. Begitu pun pada musim 2018/2020, dimana David de Gea bermain di semua laga Manchester United di Premier League secara penuh.

Walau acap kali performanya dianggap menurun, posisi David de Gea tidak tersentuh di bawah mistar. Tapi, akankah De Gea bakal absen di laga melawan West Ham? Hanya waktu yang bisa menjawab.

Selain De Gea, Eric Bailly yang dikabarkan sudah keluar dari rumah sakit usai dirawat akibat berbenturan kepala dengan Harry Maguire pada laga melawan Chelsea, pemain berposisi sebagai bek itu masih harus absen di laga West Ham, karena didiagnosis menderita gegar otak ringan.

Meski divonis kritis, bek 26 tahun itu mengaku baik-baik saja. Dia mengucapkan terima kasih atas segala ucapan dan doa yang diberikan kepadanya.

Baca juga : Spurs 2-0 West Ham, Harry Kane Garang Lagi

“Terima kasih untuk semua pesan dukungannya. Saya lebih merasakan sakit karena kekalahan kemarin. Namun kami harus bangkit dan fokus lagi ke dua laga besar kami pekan ini,” kata Bailly via akun Instagram @ericbailly24.

Di kubu West Ham, Robert Snodgrass dan Ryan Frederick masih mengalami cedera dan kemungkinan besar tak bermain saat melawan United. Dengan absennya Frederick, bek 20 tahun Ben Johnson kemungkinan akan dimainkan lagi oleh David Moyes. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.