Dark/Light Mode

Piala AFF 2020 Resmi Diundur Hingga 2021

Kamis, 30 Juli 2020 21:54 WIB
Piala AFF 2020 Resmi Diundur Hingga 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF), Kamis (30/7), secara resmi mengumumkan Piala AFF 2020 diundur hingga 2021 setelah sebelumnya diusulkan sebagian besar anggota komite darurat beberapa hari lalu.

Keputusan itu diambil setelah komite darurat kembali menggelar rapat hari ini yang dipimpin langsung presiden AFF, Mayjen Khiev Sameth. Menurut Sameth, AFF lebih mengedepankan kesehatan dan keselamatan pemain, pelatih, rekanan, suporter, dan publik sepakbola.

Baca juga : Telkomsel Kembangkan Industri Mobile Gaming

Piala AFF merupakan sebuah turnamen dua tahunan antar negara Asia Tenggara. Setelah sukses digelar di tahun 2018 silam, rencananya Piala AFF akan kembali digelar di tahun 2020 ini.

Menurut rencana awal, turnamen ini akan digelar pada tanggal 23 Desember - 31 Desember 2020. Penjadwalannya ini diatur agar tidak bentrok dengan penyisihan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan juga kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca juga : Dapat Restu DPP, Afifah Sumringah

Beberapa saat yang lalu, pihak AFF mengonfirmasi bahwa turnamen tahun ini resmi ditunda. "Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) mengumumkan bahwa AFF Suzuki Cup 2020 akan ditunda hingga tahun 2021," bunyi pernyataan resmi AFF.

Dengan risiko penyebaran Covid-19 tetap tinggi, AFF menyadari situasi ini tidak memungkinkan untuk melanjutkan rencana menggelar Piala AFF 2020.

Baca juga : Pocari Sweat Run Virtual 2020 Resmi di Gelar

"Walaupun ini (pandemi) belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepakbola, kami yakin akan melaluinya bersama dengan dukungan semua pemangku kepentingan. Kami mengucapkan terima kasih kepada mereka, karena telah bersatu dalam perang melawan Covir-19," ungkap Sameth 

Sameth juga menyatakan, AFF akan terus berkoordinasi dengan para anggotanya untuk memonitor perkembangan pandemi virus Corona sekaligus menentukan waktu pelaksanaan turnamen. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.