Dark/Light Mode

Perez Terpapar Covid, Hulkenberg Masuk Kokpit

Jumat, 31 Juli 2020 18:52 WIB
Pebalap Racing Point, Nico Hulkenberg. (Foto : Istimewa)
Pebalap Racing Point, Nico Hulkenberg. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Absennya Sergio Perez akibat terpapar Covid-19 membawa berkah pebalap Nico Hulkenberg di seri Britania, sirkuit Silverston. Hulkenberg akan menggantikan posisi Perez.

Laman resmi F1 mengumumkan Hulkenberg akan membalap untuk tim Racing Point pekan ini dimulai dengan sesi latihan bebas FP1 pada Jumat (31/7).

Baca juga : Terpukul Covid-19, Pengembangan Energi Terbaru Mandek

Tidak ada keterangan sampai kapan Hulkenberg menggantikan posisi Perez. Namun merujuk protokol kesehatan seorang yang terpapar Covid-19 baru sembuh setelah dua kali tes PCR, kemungkinan Hulkberg bisa tiga atau empat seri menggantikan Perez di ajang F1.

Hilkenberg sendiri tidak asing di F1. Dia meninggalkan F1 tahun lalu setelah Renault tidak memilih untuk memperpanjang kontraknya untuk musim 2020, yang pada akhirnya sempat tertunda pandemi Covid-19. Dengan catatan 177 start grand prix dan tanpa podium, Hulkenberg berada di daftar pebalap yang kurang diminati.

Baca juga : Prof Taruna Ikrar: Covid-19 Bukan Konspirasi

Namun dengan mobil Racing Point RP20 yang kompetitif tahun ini, dia setidaknya memiliki peluang untuk mengakhiri puasa panjang finis podiumnya.

Sebelumnya lewat laman resmi, otoritas Formula 1, FIA mengumumkan Sergio Perez dinyatakan positif Covid-19 pada tes Kamis (30/7). 

Baca juga : Begini Usulan Menhub BKS Ke Organisasi Maritim Global

Pebalap tim Racing Point itu tidak datang ke Silverstone setelah mengisolasi diri menyusul hasil tes. "Perez telah menjalani karantina mandiri sesuai dengan instruksi otoritas kesehatan publik, dan akan terus mengikuti prosedur yang dimandatkan oleh otoritas itu," demikian pernyataan resmi Formula 1 dan FIA, Kamis (30/7).

Takut pebalap dan tim Racing Point terinfeksi juga, pihak FIA minta tim segera menelusuri kontak pebalapya itu. "Dengan bantuan penyelenggara setempat dari Grand Prix Britania, otoritas kesehatan dan delegasi COVID-19 FIA, inisiatif pelacakan telah dijalankan dan semua kontak terdekat telah dikarantina," jelas keterangan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.